Peningkatan Santripreneur dengan Tema Penerapan Bauran Pemasaran Bolu Mangrove di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sorong
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1059Keywords:
santriprenuer, bauran pemasaran, bolu mangroveAbstract
Mata kuliah berbasis pengabdian kepada masyarakat menigkatkan kemampuan berinteraksi mahasiswa. Kegiatan ini kami mengembangkan produk dan penerapan bauran pemasaran pada produk bolu mangrove. Kegiatan melatih Santri dan Santriwati agar memiliki inovasi untuk berbisnis dan jiwa yang mampu bersaing. Santri dan Santriwati Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sorong akhirnya mengetahui buah mangrove bisa menjadi produk yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam kegiatan ini kami memiliki inovasi yang diharapkan kepada Santri dan Santriwati agar memiliki jiwa Santripreneur. Santri dan Santriawati bisa memahami cara mengembangkan pola pikir yang kreatif agar dapat terciptanya suatu produk yang dapat bersaing di pasaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dilaksanakan selama 1 (satu) hari yaitu pada hari Selasa, tertanggal 20 Desember 2022 di Aula Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Sorong. Pemasaran bolu mangrove menggunkan bauran pemasaran (marketing mix): product, price, place, promotion. Pencapai tujuan pemasaran harus penetapan target pasar, dalam hal ini perlu perencanaan dan pengelolaan yang baik agar bauran pemasaran dapat di jalankan dengan efektif.
References
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Nababan, A. A., Jannah, M., & Sianturi, F. A. (2022). Pelatihan Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SIM-PPM) STMIK Pelita Nusantara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 241–251. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.325
Mastiyah, I. M., & Lisyawati, E. . (2022). Model Penyelenggaraan Program Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pekalongan
Jawa Tengah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(1), 59–78. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i1.1123
Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix
Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal
Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri,
(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
Mulyati, N. W. K. (2019). Hubungan pemberian penguatan (Reinforcement) terhadap
peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2
Banyuwangi. SOSIOEDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 51–59.
Ni Wayan Karang Mulyati. (2019). No Title. 8(1).
Sofia, S., Zain, E. M., Mufti, D., Iriani, L. D., Jamil, A., & Amin, M. (2022). Pengabdian
Masyarakat Dengan Tema Pelatihan Pemasaran Noken Secara Online Kelurahan Dum
Timur, Distrik Sorong Kepulauan –Kota Sorong. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 02(03), 1473–1468.
Sofia, S., Wijiastuti, R. D., Lestari, B. W., Waly, N. A., Andjar, F. J., Histiarini, A. R., & Rawi, R. D. P. (2022). Pelatihan Produksi dan Bauran Pemasaran Olahan Ubi Ungu di Kelurahan Malagusa Kabupaten Sorong. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i1.108
Suryanita, Y. (2018). Penerapan Metode Diskusi dan Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Sains dan IPS. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 321–327.
Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (Kpm). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 1. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349
Tjiptono, 2006 dalam Daryanto, 2019. (2006). Menurut (Tjiptono, 2006 dalam
Daryanto, 2019. Mareketing Mix, 03.