Penerapan Marketing Mix pada Bisnis Banana Pizza di Kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong

Authors

  • Aprisa Rian Histiarini Universtias Muhammadiyah Sorong
  • Marsella C. Triwahyuni Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Digor Mufti Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1061

Keywords:

bauran pemasaran, produk, harga, tempat, promosi

Abstract

Program mata kuliah berbasis pengabdian kepada masyarakat bertujuan unruk meningkatkat keahlian masyarakat dalam memulai sebuah bisnis. Dengan menggunkan metode marketing mix yang terdiri dari 4 yaitu product, price, place, dan promotion maka akan membentu masyarakan dalam memulai suatu bisnis untuk meningkan kan perekonomian. Metode pelaksanaan yang di gunakan dalam kegiatan ini terdiri dari bebrapa tahap yaitu observasi, perijinan, pemberian materi, diskusi, penguatan materi, dan diskusi. Hasil yang di dapat dari kegiatan ini adalah masyarakat Kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong mendapat tambahan ilmu, pengetahuan, dan keahlian dalam berbisnis terutama dalam penerapan marketing mix, masyarakat kedepannya membuka usaha rumahan yang nantinya bisa berkembang seiring berjalannya waktu dan bisa membatu perekonomian keluarga demi kesejahtraan. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan para warga di Kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong bisa memulai suatu bisnis dengan baik dan terus berkembang.

References

Admin, A. (2018). Dewan Penyunting. Poros, 15(1). https://doi.org/10.24912/poros.v15i1.1257

Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Sorot, 10(2), 155. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.3212

Febriansyah, K. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen di Kopi Studio 24 Malang. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta., 28–29. http://repository.iainkudus.ac.id/3523/5/5. BAB II.pdf

Irene Dewi, O. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya. Agora, 6(2), 2–7.

Orlando, J., & Harjati, L. (2022). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN AA RAFFI FRIED CHICKEN SINDANGBARANG BOGOR Jovian. Journal of Accounting & Management Innovation, 6(1), 49–66.

Rachmat Sunjoto, A. (2016). STRATEGI PEMASARAN SWALAYAN PAMELLA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Swalayan Pamella Yogyakarta Tahun 2010). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 1(2), 45. https://doi.org/10.21927/jesi.2011.1(2).45-64

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Raya, M. K. F. (2016). Marketing Jasa di Institusi Pendidikan ( Analisis Pemasaran dalam Pendidikan ). Falasifa, 7(1), 21.

Said, M. Y. S. dan M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3).

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Histiarini, A. R., Triwahyuni, M. C., Sofia, S., & Mufti, D. (2023). Penerapan Marketing Mix pada Bisnis Banana Pizza di Kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 128~137. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1061

Issue

Section

Articles