Pengelolaan Kegiatan GLS di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Atikah Mumpuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Rizki Umi Nurbaeti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Agus Purnomo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Diah Sunarsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Prasetyo Yuli Kurniawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Konilah Konilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Erni Ernilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Nur Laelia Sukmawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.351

Keywords:

GLS, Sekolah Dasar, Pandemi Covid-19

Abstract

Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), khususnya di sekolah dasar mengalami banyak hambataan. Terlebih, saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentu permasalahan terkait kegiatan GLS semakin kompleks. Oleh sebab itu, perlu dilaksanakan kegiatan pengambdian kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi dan pendampingan pengelolaan kegiatan GLS di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid-19. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengelolaan kegiatan GLS selama pandemi Covid-19 dapat dilaksanakan, meskipun dijumpai beberapa permasalahan. Beberapa permasalahan tersebut diantaranya terjadinya penumpukan informasi dan kesulitan akses aplikasi. Saran-saran yang dapat dituliskan yaitu perlu adanya pendampingan orang tua selama kegiatan belajar dari rumah, termasuk pelaksanaan kegiatan GLS. Perlu adanya keberlanjutan kegiatan GLS selama pandemi Covid-19, sehingga dapat mengembangkan budi pekerti siswa.

 

 

Author Biographies

Atikah Mumpuni, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi

 

 

Rizki Umi Nurbaeti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

 

 

Agus Purnomo, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

 

 

Diah Sunarsih, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

 

 

Prasetyo Yuli Kurniawan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

 

 

Konilah Konilah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

 

 

Erni Ernilah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

 

 

Nur Laelia Sukmawati, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

 

 

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Mumpuni, A. ., Umi Nurbaeti, R., Purnomo, A., Sunarsih, D., Yuli Kurniawan, P., Konilah, K., … Sukmawati, N. L. (2021). Pengelolaan Kegiatan GLS di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.351

Issue

Section

Articles