Mitigasi Bencana (Covid 19) Melalui Kegiatan Multiliterasi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Dian Permana Putri Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Aisyah Aisyah Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.367

Keywords:

mitigasi bencana, covid 19, sekolah dasar, multiliterasi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020 di SDN 2 Kedungdawa Kabupaten Cirebon bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, pengalaman dan kepedulian peserta didik untuk tanggap pada mitigasi bencana khususnya covid 19 melalui kegiatan multiliterasi. Metode pelaksanaan kegiatan adalah penyuluhan/ sosialisasi terhadap definisi bencana, jenis bencana dan cara menanggulangi dan menghadapi bencana covid 19. Hasil kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan 24 siswa yang terlibat antusias mengamati video tentang mitigasi bencana yang diputar, serta berpartisipasi aktif dalam tanya jawab. Sebagian besar siswa (95%) siswa mampu menangkap pesan pada media digital yang diberikan dibuktikan dengan siswa mampu memahami definisi bencana, jenis bencana dan cara mengantisipasi diri dan lingkungan terhadap bencana non alam covid 19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan berlangsung dengan sukses dan lancar.

 

 

Author Biographies

Dian Permana Putri, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

 

 

Aisyah Aisyah, Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

 

 

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Permana Putri, D. ., & Aisyah, A. (2021). Mitigasi Bencana (Covid 19) Melalui Kegiatan Multiliterasi Di Sekolah Dasar. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.367

Issue

Section

Articles