Pemberdayaan Siswa Dusun Cimuda dalam Pembelajaran Matematika Melalui Bimbel Dimasa pandemi Covid-19

Authors

  • Neli Agustin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Yopi Nisa Febianti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v2i01.401

Keywords:

Pemberdayaan siswa, Pandemi covid-19, Bimbingan belajar Matematika

Abstract

Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun daya dengan mendorong, memberikan motivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya, serta berupaya untuk mengembangkannya, juga memperkuat potensi yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan dengan pemberdayaan siswa dalam memahami materi matematika melalui upaya pengadaan bimbingan belajar di lingkungan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat analisis deskriptif, Penelitian ini dilakukan di Dusun Cimuda, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, dengan melibatkan siswa kelas 6 SD/MI sebagai subjek penelitian. Kegiatan bimbingan belajar ini, meliputi pemberian materi matematika yang sedang dipelajari di sekolah, pemberian latihan materi dengan intensitas yang lebih tinggi, pemberian materi matematika yang belum dipelajari di sekolah, pelatihan ingatan terkait perkalian bilangan, bimbingan mengerjakan tugas sekolah, serta pemberian tugas dan pekerjaan rumah pada kegiatan bimbingan belajar. Dengan menggunakan teknik pembelajaran tersebut, peneliti melakukan pemberdayaan siswa di Dusun Cimuda.

References

. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Adi, Isbandi Rukminto. (2013). Intervensi Komunitas: Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmad, Komaruzaman. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang MetodeMangajar Guru, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK N3 Yogyakarta. Tesis, UNY.

Ariah, dkk. (2020). Pemberdayaan Rumah Literasi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Educivilia, 1(2), 169-175.

John Gottman. (2001). Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Retno, S. S., Rohmiyati, Y., & Husna, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Perpustakaan: Studi Kasus di Rumah Pintar “Sasana Ngudi Kawruh” Kelurahan Bandarharjo-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 1-10.

Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2 (2).

Sabirin, Muhamad. (2014). Refresentasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2), 33-44.

Slusarczyk, B. (2018). Industry 4.0 – Are we ready? Polish Journal Of Management Studies, 11(5), 77-90.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Agustin, N. ., & Febianti, Y. N. . (2021). Pemberdayaan Siswa Dusun Cimuda dalam Pembelajaran Matematika Melalui Bimbel Dimasa pandemi Covid-19. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 41–46. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i01.401

Issue

Section

Articles