Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Digital Bagi Guru Paud dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru

Authors

  • Yopi Nisa Febianti Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Dian Permana Putri Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Utut Kurniati Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.408

Keywords:

Alat peraga digital,, guru,, pedagogik,, profesional.

Abstract

Guru dapat meningkatkan prestasi kerja kependidikannya, yaitu kualitas anak didik, baik dari segi psikis maupun mental spiritual. Tujuannya, ialah: (1) Meningkatkan pengetahuan/pemahaman kepada guru PAUD mengenai alat peraga, manfaat, tujuan, dan kegunaan alat peraga; (2) Memperkenalkan bentuk dan  pembuatan alat peraga kepada guru PAUD untuk menambah wawasan dan keterampilan; dan (3) Menanamkan sikap profesionalitas dalam mengajar peserta didik terkait pedagogic knowledge. Kegiatan ini dilaksanakan pelatihan pembuatan alat peraga digital untuk menunjang kompetensi pedagogik dalam rangka meningkatkan keprofesionalan guru. Hasilnya, kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi semua peserta; 96,2% peserta memahami pemaparan materi; dan 92,3% peserta telah mampu mengaplikasikan alat peraga digital.

References

Firmadani, Fifit. (2017). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru. Conference on Language and Language Teaching (CLLT). https://semnas.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/page-165-169-fifit.pdf.

Kurniawan, Ade & Andari Puji Astuti. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/download/3032/2946.

Payong, Marselur R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, Implementasinya. Jakarta Barat: Indeks.

SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Shabir U, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Jurnal Auladuna, 2(2), 221-232. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/878/848.

Suryana, Dadan. (2014). Dasar-dasar Pendidikan TK: Hakikat Anak Usia Dini. http://repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Febianti, Y. N., Putri, D. P. ., & Kurniati, U. . (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Digital Bagi Guru Paud dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 47–52. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.408

Issue

Section

Articles