Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Teknik Voice Over

Authors

  • Arief Zul Fauzi Program Studi Akuntansi, Politeknik Harapan Bersama
  • Dani Fitria Brilianti Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Harapan Bersama
  • Bahri Kamal Program Studi Akuntansi, Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.482

Keywords:

kemampuan berbicara, mahasiswa, voice over, daring

Abstract

Pembelajaran daring semasa pendemi cenderung menjadikan pelajar, khususnya mahasiswa menjadi pasif dalam berbicara. Banyak dari mereka mengaku takut untuk berbicara karena beberapa hal, seperti ketidaktahuan cara membaca dan merasa tidak percaya diri akan suara yang dimiliki. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa serta memberikan pengetahuan tentang teknik berbicara voice over (VO) yang termasuk baru bagi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan praktik secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Di akhir pelatihan, peserta pelatihan memberikan produk berupa perangkat audio-visual sebagai hasil pengaplikasian materi yang diberikan selama pelatihan.

References

Brilianti, D., & Fithriyani, H. (2020). The Implementation of Video Blog (Vlog) as a Teaching Media in Speaking Skill. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(2), 340–345.

Fauzi, A. Z., & Brilianti, D. F. (2021). EKULIAH WEBSITE FOR TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT DURING THE COVID-19 PANDEMIC SITUATION. Academic Journal PERSPECTIVE: Language, Education and Literature, 9(1), 58–67. https://doi.org/10.33603/perspective.v9i1.5286.

Franco, E., Matamala, A., & Orero, P. (2010). Voice-over translation: An overview.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). PEMANFAATAN ZOOM MEETING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 5(1).

Hsu, C.-K., Hwang, G.-J., Chang, Y.-T., & Chang, C.-K. (2013). Effects of Video Caption Modes on English Listening Comprehension and Vocabulary Acquisition Using Handheld Devices. In Educational Technology & Society (Vol. 16, Issue 1).

Indrianty, S. (2016). STUDENTS’ANXIETY IN SPEAKING ENGLISH (A CASE STUDY IN ONE HOTEL AND TOURISM COLLEGE IN BANDUNG). ELTIN Journal, Journal of English Language Teaching in Indonesia, 4(1).

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Perawatan Alat Produksi Pada Usaha Mikro Kerupuk Samiler. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Safitri, N. ., & Khoiriyah, I. (2017). Students’ Perceptions on the Use of English Vlog (Video Blog) to Enhance Speaking Skill 1 Nailis Sa’adah Safitri, 2 Ianatul Khoiriyah. The 5th AASIC, 240–247. http://103.216.87.80/index.php/selt/article/view/7980/6083%0Ahttp://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT

Thornbury, S. (2006). AZ of ELT. Macmillan Educ.

Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Mukson, M., Masrikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. . (2020). Pelatihan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK Menggunakan Metode Demonstrasi. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01). Dapat diunduh pada http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/317

Ur, P. (2012). A course in English language teaching. Cambridge University Press.

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar ditinjau dari tingkat kesepian dan Kontrol diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Fauzi, A. Z., Brilianti, D. F., & Kamal, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Teknik Voice Over. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 21–26. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.482

Issue

Section

Articles