Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan)
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.487Keywords:
Matematika,, barang bekas, Kata kunci: Matematika, barang bekas, media pembelajaran.Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada guru dan siswa tentang pembuatan media pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas atau barang barang yang sudah tidak terpakai disekitar lingkungan. Sehingga barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti kalender bekas dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat membantu siswa maupun guru dan siswa untuk kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan pelaksaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan ceramah, demonstrasi dan praktik. Produk dari kegiatan pelatihan pembuatan media ini dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar lebih menyenangkan dan memotivasi siswa sehingga mudah menerima dan memahami pelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SDN Unggulan 4 Made dengan partisipan/sasaran guru kelas II dan siswa-siswanya. Kegiatan ini dilaksanakan bulan Maret 2020. Pelaksanaan ini diawali dengan sosialisasi kepada guru dan kepala sekolah pada tanggal 8 Maret 2020 kemudian dilanjutkan kegiatan pelatihan pada tanggal 9 Maret 2020. Hasilnya siswa bersama dengan guru dapat membuat produk media pembelajaran RAPATJURANG (Cara Penjumlahan dan Pengurangan). RAPATJURANG adalah media pembelajaran yang dapat membatu belajar siswa kelas II dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara yang mudah.
References
Disnawati, H., & Haning, F. O. (2019). Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU. Bakti Cendana, 2(2), 38–44. https://doi.org/10.32938/bc.v2i2.280
Duda, H. J., Awang, I. S., & Andri, A. (2018). PKM Pelatihan Pemanfaatan Bahan Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA bagi Kelompok Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 15–22. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.195
Humairah, H. (2018). Mengidentifikasi Penggunaan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Siswa Di SMP Islam Hasanuddin Dau-Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 141–148.
Nisa, F. K., Masnipal, & Tsaury, A. M. (2019). Pemanfaatan Bahan Bekas dan Bahan Alam Sebagai Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 5(2).
Siarni, S., Pasaribu, M., & Rede, A. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 94–104. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2871