Menciptakan Kesadaran Santri Terhadap Lingkungan Melalui Gerakan Go Green Pondok Pesantren Assa’idiyah
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.529Keywords:
Kesadaran santri, Gerakan Go Green, Pondok PesantrenAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk menciptakan kesadaran santri akan pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan pondok pesantren melalui gerakan go green berupa penghijauan. Gerakan go green adalah tindakan yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh ulah manusia sendiri, seperti membuang sampah sembarangan dan menginjak tanaman. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pendampingan santri dalam memelihara lingkungan melalui gerakan go green. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu penyuluhan gerakan go green bagi santri sekaligus penghijauan menanam pohon dan berbagai jenis TOGA. Dalam kegiatan pengabdian ini, peneliti menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yang bertujuan untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif bagi santri pondok pesantren yang meliputi penyuluhan, demonstrasi, praktik menanam pohon dan TOGA, dilanjut dengan melakukan evaluasi kegiatan. Data pada penelitian diperoleh dengan cara observasi dan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang terlibat dalam aksi gerakan go green pesantren ini. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan hasil yang positif yaitu: 1) antusiasme santri dalam memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh peserta pengabdian mengenai gerakan go green ini, 2) santri mengetahui manfaat dari berbagai jenis TOGA, dan 3) Perilaku santri peduli terhadap lingkungan juga semakin meningkat.
References
Firmiana, M. E., Imawati, R., & Prasetya, M. R. (2012). “Go Green“ Pelatihan Untuk Mendorong Perilaku Konservasi dan Pro Lingkungan bagi Santri Al Ghazali, Kota Bogor. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3), 125. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.61.
Hanafi. (2019). GO GREEN DALAM KARYA SENI GRAFIS.
Nurpratiwiningsih, L. ., Arifianto, T., Qosid, W. ., & Ubaedillah, U. (2020). Menumbuhkan Sikap Sadar Lingkungan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01). Retrieved from http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/236.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020.
Rosyid, Moh. Z., Fauzi, A., Mustajab, Subakti, T., & Horyadi. (2020). Pesantren dan pengelolaannya. Duta Media.
Setiawati, T., & Febriansyah, R. (n.d.). PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PROGRAM GO GREEN PADA KOTA MEDAN. 11.
SOS, T. (2011). Pemanasan Global: Solusi dan Peluang Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). KESADARAN DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MAHASISWA DI KAMPUS. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061
Ubaedillah, pratiwi, damar isti, Mukson, Marikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. (2020). PELATIHAN WAWANCARA KERJA DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SMK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI. 2020, 1, 46–51.
Windan, J. S. R. (2021). PENYULUHAN TENTANG PENGHIJAUAN LINGKUNGAN DI DESA KLODRAN KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR. 03(01), 6.
Zamakhsyari, D. (1983). Tradisi pesantren studi tentang pandangan hidup kyai. LP3S.