Sosialisasi Aspek Legal Pembelian Obat di Apotek dan Penyuluhan Dagusibu

Authors

  • Hanari Fajarini Program Studi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhadi Setiabudi
  • Yuniarti Dewi Rahmawati Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhadi Setiabudi
  • Laila Nur Azizah Program Studi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhadi Setiabudi
  • Risky Fatikasari Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.535

Keywords:

penyuluhan,, aspek hukum,, obat-obatan terlarang.

Abstract

Peredaran obat-obatan terlarang juga menjadi isu hangat di masyarakat dan merupakan masalah yang krusial, oleh karena itu masyarakat perlu diedukasi tentang aspek legalitas membeli obat di apotek. Ikatan Apoteker Indonesia saat ini mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang baik dan benar. Kegiatan sosialisasi ini diberi nama DAGUSIBU atau Get, Use, Save and Dispose. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dalam memahami aspek hukum pembelian obat di apotek dan mengelola obat dengan baik. Peserta adalah keluarga penerima Program Keluarga Harapan di RT 01 RW 03 Desa Sengon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Penyuluhan diawali dengan penjelasan pengertian obat dan klasifikasi obat. Orang-orang ditekankan tentang berbagai jenis narkoba dan cara mendapatkannya. Melalui penjelasan ini diharapkan masyarakat mengetahui dampak dari penggunaan obat yang tidak rasional. Penjelasan kemudian dilanjutkan mengenai berbagai sediaan obat dengan cara penggunaan yang berbeda-beda, serta konsep DAGUSIBU. Pelaksanaan penyuluhan telah dilaksanakan dengan baik dan mendapat respon yang baik dari peserta.

References

Devi Mustika, Hanari Fajarini, Tya Muldiyana. (2020). Evaluasi Pelayanan Obat Non Resep di Apotek Manjur Desa Petunjungan. Jurnal Ilmiah JOPHUS : Journal Of Pharmacy UMUS. 1 (2). page 5-12.

Elin Yulinah Sukandar, dkk. (2008). Iso Farmakoterapi. PT ISFI Penerbitan. Jakarta. Hal 121.

Gunawan, Sulistia, dkk. (2009). Farmakologi dan Terapi. Edisi V. Jakarta. FKUI.

Endang Sutrisno and Hanari Fajarini. (2016). Legal Culture Of Pharmacist In The Perspective Of Pharmaceutical Services Standard In Pharmacies. Jurnal Dinamika Hukum, 16(2), page 151.

Hanari Fajarini dan Tonasih. (2019). Pola Penggunaan Antihipertensi Pada Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Siwuluh Kabupaten Brebes. Jurnal Ilmiah JOPHUS: Journal Of Pharmacy UMUS. 1 (1). page 1-6.

Hanari Fajarini. (2018). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Para Pemikir. 7 (2). page 260-269.

Hanari Fajarini dan Atrian Widodo. (2020). Evaluasi Legalitas dan Kelengkapan Administratif Resep Pada Rumah Sakit di Kabupaten Brebes. Jurnal Ilmiah JOPHUS: Journal Of Pharmacy UMUS. 9 (2). page 26-32.

Tjay, Tan Hoan dan Raharja, Kirana. (2007). Obat – Obat Penting. Edisi 6. Cetakan Pertama. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Fajarini, H. ., Rahmawati, Y. D. ., Azizah, L. N. ., & Fatikasari, R. . (2021). Sosialisasi Aspek Legal Pembelian Obat di Apotek dan Penyuluhan Dagusibu. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 53–58. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.535

Issue

Section

Articles