Rebranding Barokah Furniture Blitar Melalui Pelatihan Pemasaran di Sosial Media

Authors

  • Harliana Harliana Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Hartatik Hartatik Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Computer Science, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Raden Mohamad Herdian Bhakti Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.545

Keywords:

rebranding,, produk,, repositioning,, redesign.

Abstract

Barokah meuble Blitar merupakan salah satu home industry yang memproduksi beraneka ragam kursi stool dan meja yang ada di Kota Blitar. Awalnya stool yang dihasilkan hanya dipakai sendiri dan sebagai hiasan rumah, namun karena bentuknya yang unik dan bernuansa shabby maka stool tersebut mulai dipesan oleh beberapa saudara dan teman yang berkunjung kerumah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana merancang rebranding produk barokah meuble Blitar sebagai meuble penyedia kursi stool dan meja sudut yang berasal dari Kota Blitar Jawa Timur. Rebranding yang dilakukan pada Barokah Meubel Blitar adalah repositioning dan redesign. Untuk repositioning dilakukan melalui penciptaan image baru terhadap produk serta pengenalan identititas produk yang berbeda dari para kompetitor. Sedangkan pada tahap redesign tim akan melakukan desain ulang terhadap tampilan produk, jenis produk dan informasi produk. Sebagai evaluasi terhadap keberhasilan kegiatan yang telah dilakukan maka akan dilakukan juga evaluasi. Evaluasi yang dilakukan berupa prosentase kenaikan pemahaman dan informasi mengenai persiapan digital marketing yang telah dilakukan.

References

Anis Rohmadi, V. Y. (2020). Desain dan Penerapan Website Tata Kelola Percetakan Pada CV APICDESIGN KREASINDO JAKARTA dengan Metodey Prototyping. Journal of Information System, Infomatics and Computing, 4(1), 70–85.

Astuti, R., & Saidah, I. (2020). Strategi Promosi Produk Fashion Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) di Kota Bandung. Textura Journal, 1(1), 78–87.

Faridah, F., & Wulandari, Z. W. (2020). Pendampingan Pemasaran Industri Lokal Melalui Penggunaan Marketplace untuk Meningkatkan Hasil Produksi di Masa Pandemi Covid-19 Desa Sidomukti Lamongan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 509–523. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.316

Fauziyyah, A. N., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior (Studi pada Masyarakat Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–14.

Iswati, H., & Maharani, N. (2019). Perbedaan Display Toko Offline dan Toko Online Untuk Produk Pakaian Wanita. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 16(2), 100–112. https://doi.org/10.29313/performa.v16i2.4880

Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 123–128. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, R. Y. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 158–164. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.965

Sofyan, S., Setiyadi, B., Harlina Harja, & Sari, S. R. (2020). Pelatihan Penyusunan Tata Kerja Dan Analisis Evaluasi Program Kegiatan Sekolah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 417–425. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.465

Trifiyanto, K. (2019). Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying. Jurnal Hummansi, 2(September), 29–37. https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.213

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Harliana, H., Hartatik, H., & Bhakti, R. M. H. . (2021). Rebranding Barokah Furniture Blitar Melalui Pelatihan Pemasaran di Sosial Media. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.545

Issue

Section

Articles