Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce di Desa Cikakak Kecamatan Banjarharjo

Authors

  • Agyztia Permana Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Robert Rizki Yono Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Ubaedillah Ubaedillah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hendri Sucipto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.547

Keywords:

Penyuluhan dan Pelatihan,, e-commerce,, desa Cikakak.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini mempermudah dan mempercepat proses pada penyelesaian suatu tugas. Dalam menjalankan usaha desa Cikakak masih dilakukan secara manual yaitu dengan menerima pesanan yang masuk. Hal ini dilakukan karena masih memiliki sedikit tenaga ahli dalam proses pengerjaannya selain itu karyawan yang ada belum menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karenanya pengabdian masyarakat ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan kepada anggota kelompok UMKM untuk melakukan pemasaran produk secara online dan meningkatkan ketrampilan para pekerja sehingga produk yang dihasilkan berkualitas. Tahapan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi pertama, tim pelaksana kegiatan melakukan analisis situasi pada target yaitu mitra yang berlokasi di desa Cikakak. Kedua, setelah menganalisis situasi terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh mitra. Ketiga, tim merumuskan masalah dan mempersiapkan solusi terkait permasalahan mitra yaitu dengan memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan jual beli dan memanfaatkan penggunaan email untuk menunjang kegiatan para pelaku UMKM dengan tujuan untuk menumbuhkan perekonomian warga desa, kususnya desa Cikakak. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan, dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut yaitu warga desa cikakak, khususnya anggota kelompok UMKM mendapatkan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang efektifitas kerja atau kegiatan jual beli  dan meningkatnya keterampilan dalam pemanfaatan jaringan internet, khususnya pemasaran produk secara on line.

References

Afuan, Soeparno, Mipa, D., & Karangwangkal. (2010). Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Laporan Kerja Praktek Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unsoed ( Codeigniter Framework Used in Information System Development in Informatics Engineering Program Study of Unsoed ),. Jurnal Nasional UMP, 1, 39–44. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JUITA/article/view/413/409

Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2021). Meningkatkan Minat Kewirausahaan Di Era Global Melalui E-Commerce. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Unsurya, 6(1), 57–66.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Handayani, T,. Sidiq, F,. & Nur, S. (2021). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Pengelolaan Manajemen pada UMKM Konveksi Mutiara. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02), 44–51.

Ratih Wahyuningrum. (2018). Analisis Strategi E-Marketing untuk Meningkatkan Minat Beli Online. ESENSI : Jurnal Managemen Bisnis, 21(3), 275–290.

Situmeang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan). Ajie - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 03(3), 319–335.

Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108. http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/view/222

Wicaksono, I. B. A., & Sukapto, P. (2021). Pengaruh online shopping experience produk fashion terhadap customer satisfaction dan repurchase intention The impact of online shopping experiences with fashion products on customer satisfaction and repurchase intention. Forum Ekonomi, 23(1), 20–28.

Yono, R. R. (2020). Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103. https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.858

Yustiani, & Yustanto. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. KOMPUTA: JURNAL ILMIAH KOMPUTER DAN INFORMATIKA, 6(2). http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/peran-marketplace-sebagai.3b

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Permana, A. ., Yono, R. R. ., Ubaedillah, U., & Sucipto, H. . (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce di Desa Cikakak Kecamatan Banjarharjo. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 59–64. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.547

Issue

Section

Articles