Sosialisasi Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Nilai- Nilai Kearifan Lokal bagi Guru
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.618Keywords:
Media pembelajaran, nilai-nilai kearifan lokal, guru.Abstract
SD Negeri Bangsri 02 merupakan pendidikan formal yang berada di desa Bangsri, kecamatan Bulakamba, kabupaten Brebes. Sekolah tersebut telah memiliki banyak peserta didik.sekolah tersebut mempunyai sebanyak 7 rombel kelas. Melihat permasalahan yang ada melalui observasi ada banyak peserta didik yang belum paham dalam mendalami materi pembelajaran yang dipelajari karena guru masih megunakan kegiatan pembelajaran yang konvensional serta guru belum secara maksimal menggunakan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga, perlu adanya peningkatan nilai-nilai kearifan lokal bagi guru. Dengan demikian perlu diadakanya pelatihan pembuatan media pembelajaran untuk meningkatkan nilai-nilai kearifan lokal bagi guru di SD N Bangsri 02. Tujuan diadakanya pengabdian masyarakat ini guna memberikan pemahaman tentang pemanfaatan media pembelajaran dan mengembangkan kreativitas para guru untuk pemanfaatan media pembelajaran. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu berupa penerapan penggunaan media pembelajaran dalam peningkatan hasil kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik di sekolah dasar serta peningkatan kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran yang lebih inovatif serta kreatif dan juga tidak monoton. Oleh sebab itu, sangat penting untuk guru dapat menggunakan media pembelajaran serta penanaman nilai-nilai kearifan lokal dalam proses kegiatan belajar mengajar peserta didik agar adanya peningkatan.
References
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32.
Fay, D. L., Akhavan, S., & Goldberg, V. M. (1967). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 465, 106–111.
For, E., & Global, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal (Wayang Sebagai Sumber Gagasan). Imajinasi, 7(1), 1–8.
Kurniawan, P. Y., & Mumpuni, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Pada Guru-Guru SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4879
Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Media Pembelajaran.
Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 175–189. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.260
Nurpratiwiningsih, L., Kurniawan, P. Y., Indriyani, N., & Sudut, M. J. (2021). Pemanfaatan Media Jam Sudut dalam Pembelajaran SD Utilization of Angular Clock Media in Elementary Learning. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 02(01), 72–77. https://doi.org/https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.548
Pendidikan, B., Pembelajaran, P., Muhardini, S., Rahman, N., Sudarwo, R., Anam, K., Fujiaturrahman, S., Studi, P., Matematika, P., Mataram, U. M., & Email, C. A. (2020). Jurnal Kependidikan : Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar Program Studi PGSD , Universitas Muhammadiyah Mataram Universitas Terbuka Jurnal Kependidikan : Pendahuluan Pemb. 6(2), 284–291.
Rahayu, E. D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Purworejo, M., Widiastuti, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Purworejo, M., Ngazizah, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Purworejo, M. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk.
Sugiharti, S. (n.d.). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. 77–81.
Syarif, U. I. N., & Jakarta, H. (2019). Proposal KKN.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Wuryani, W. (2021). Pendidikan Keluarga Dalam Penguatan Literasi Dasar Pada Anak. Semantik, 10(1), 101–110. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p101-110.