Sosialisasi Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Nilai- Nilai Kearifan Lokal bagi Guru

Authors

  • Melian Umami A.P Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Didik Tri Setiyoko Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Diah Sunarsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Sholihah Sholihah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.618

Keywords:

Media pembelajaran, nilai-nilai kearifan lokal, guru.

Abstract

SD Negeri Bangsri 02 merupakan pendidikan formal yang berada di desa Bangsri, kecamatan Bulakamba, kabupaten Brebes. Sekolah tersebut telah memiliki banyak peserta didik.sekolah tersebut mempunyai sebanyak 7 rombel kelas. Melihat permasalahan yang ada melalui observasi ada banyak peserta didik yang belum paham dalam mendalami materi pembelajaran  yang dipelajari karena guru masih megunakan kegiatan pembelajaran yang konvensional serta guru belum secara maksimal menggunakan  media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga, perlu adanya peningkatan nilai-nilai kearifan lokal bagi guru. Dengan demikian perlu diadakanya pelatihan pembuatan media pembelajaran  untuk meningkatkan nilai-nilai kearifan lokal bagi guru di  SD N Bangsri 02. Tujuan diadakanya pengabdian masyarakat ini guna memberikan pemahaman tentang pemanfaatan media pembelajaran dan mengembangkan  kreativitas para  guru untuk pemanfaatan media pembelajaran. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu berupa penerapan penggunaan media pembelajaran dalam peningkatan hasil kegiatan belajar mengajar  bagi peserta didik di  sekolah dasar serta peningkatan kreativitas guru dalam pemanfaatan  media pembelajaran yang lebih inovatif serta kreatif  dan juga tidak monoton. Oleh sebab itu, sangat penting untuk  guru dapat menggunakan media pembelajaran serta penanaman nilai-nilai kearifan lokal  dalam proses kegiatan belajar mengajar peserta didik agar adanya peningkatan.

References

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32.

Fay, D. L., Akhavan, S., & Goldberg, V. M. (1967). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 465, 106–111.

For, E., & Global, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal (Wayang Sebagai Sumber Gagasan). Imajinasi, 7(1), 1–8.

Kurniawan, P. Y., & Mumpuni, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Pada Guru-Guru SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4879

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Media Pembelajaran.

Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 175–189. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.260

Nurpratiwiningsih, L., Kurniawan, P. Y., Indriyani, N., & Sudut, M. J. (2021). Pemanfaatan Media Jam Sudut dalam Pembelajaran SD Utilization of Angular Clock Media in Elementary Learning. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 02(01), 72–77. https://doi.org/https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.548

Pendidikan, B., Pembelajaran, P., Muhardini, S., Rahman, N., Sudarwo, R., Anam, K., Fujiaturrahman, S., Studi, P., Matematika, P., Mataram, U. M., & Email, C. A. (2020). Jurnal Kependidikan : Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar Program Studi PGSD , Universitas Muhammadiyah Mataram Universitas Terbuka Jurnal Kependidikan : Pendahuluan Pemb. 6(2), 284–291.

Rahayu, E. D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Purworejo, M., Widiastuti, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Purworejo, M., Ngazizah, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Purworejo, M. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk.

Sugiharti, S. (n.d.). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. 77–81.

Syarif, U. I. N., & Jakarta, H. (2019). Proposal KKN.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Wuryani, W. (2021). Pendidikan Keluarga Dalam Penguatan Literasi Dasar Pada Anak. Semantik, 10(1), 101–110. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p101-110.

Downloads

Published

2022-02-19

How to Cite

A.P, M. U. ., Setiyoko, D. T. ., Sunarsih, D. ., & Sholihah, S. (2022). Sosialisasi Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Nilai- Nilai Kearifan Lokal bagi Guru. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 113–119. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.618

Issue

Section

Articles