Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625Keywords:
kompetensi, kepala sekolah, pemimpin pembelajaran, program sekolah penggerakAbstract
Sejak tahun 2021 di kabupaten Nganjuk sudah banyak sekolah yang telah berpredikat sebagai sekolah penggerak. Permasalahan yang dihadapi oleh Kepala Sekolah PSP adalah masih kurangnya pengetahuan Kepala Sekolah tentang model kompetensi kepemimpinan pada sekolah penggerak. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah program sekolah penggerak sebagai pemimpin pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan mutu sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dalam bentuk lokakarya. Hasil yang dicapai setelah kegiatan ini adalah adanya pemahaman peningkatan pengetahuan Kepala Sekolah tentang model kompetensi sekolah yang terdiri dari empat kategori yaitu 1) pengembangan diri dan orang lain, 2) kepemimpinan pembelajaran, 3) kepemimpinan manajemen sekolah dan 4) kepemimpinan pengembangan sekolah. Dari keempat kategori model tersebut Kepala sekolah diberikan pendalaman materi peningkatan kompetensi sekolah, khususnya Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah. Kategori kepemimpinan ini mempunyai 4 kompetensi yaitu a) memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid, b) memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid, c) memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid, dan d) melibatkan orang tua/wali murid sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.
References
Dirjen GTK. (2020). Model Kompetensi dalam Pengembangan Profesi Guru. Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 6565/B/GT/2020.
Dirjen GTK. (2021). Penetapan Kepala Sekolah Pelaksana Program sekolah Penggerak. Keputusan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 2237/B.B2/KP.04.00/2021.
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466.
Mendikbud. (2018). Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2018.
Mendikbud. (2020). Program Sekolah Penggerak. Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020.
Mendikbudristek. (2021). Program Sekolah Penggerak. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi (Kepmendikbudristek) Nomor 162/M/2021.
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2).
Nursyifa, A., & Nurzaman, E. (2019). Pembinaan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. In Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences (Vol. 1, Issue 1).
Permana, A. ,I., & Muhtadi, T. ,Y. (2021). Pendampingan Kepala Sekolah Pada Kegiatan Rekrutmen Guru Sebagai Syarat Pendirian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Citra Insan Mulia. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 117–125. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.491
Prasetyo Yuli Kurniawan, dkk. (2021). Pelatihan Menulis Deskripsi dengan menggunakan Media Gambar untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(02), 37–43.
Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Perawatan Alat Produksi Pada Usaha Mikro Kerupuk Samiler. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02), 17–23.
Suparno, P. (2018). Lokakarya Kepala Sekolah dan Staf SMK ASJI Tentang PPI. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 31–35. https://doi.org/10.24071/altruis.2018.010106.