Pemanfaatan Facebook sebagai Media Promosi Penjualan Madu Istighfar di Kabupaten Kediri

Authors

  • Tito Prabowo Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Dimas Ari Setyawan Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Muhammad Riski Balian Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Vion Age Tri Cahyo Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.681

Keywords:

Facebook, promosi, madu

Abstract

Facebook merupakan salah satu marketplace yang sedang berkembang di Indonesia. Media sosial yang satu ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan medsos yang lain, karena selain penggunaannya mudah, jangkauan pemasarannya pun cukup luas. Akan tetapi pengusaha tradisional atau lokal belum banyak yang memanfaatkan media sosial khususnya facebook sebagai media untuk mempromosikan barangnya. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan agar mereka dapat membuat facebook ads sehingga dapat memanfaatkannya untuk media promosi. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap 1 observasi dan kebutuhan, tahap 2 perumusan masalah, tahap 3 pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Setelah dilakukan pelatihan pemilik gerai madu menyatakan akan menggunakan facebook ads sebagai media mempromosikan madunya

References

Atmoko, T., & Rahadi, D. R. (2021). Analisis pemanfaatan facebook sebagai media promosi produk perumahan PT Mandiri Agency pada masa pandemi covid-19. Dimensi, 10(1), 213–221.

Augustinah, F., & Widayati. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.

Karman. (2014). Media Sosial: Antara Kebebasan Dan Eksploitasi Social Media : Between Freedom and Exploitation. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 18(1), 75–88.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950

Suryani, ita. (2015). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(April 2014), 123–138.

Taufani, A. R., & Wahyono, I. D. (2020). Sistem Tutorial Berintelegensia Pengambilan Keputusan Perbaikan Harddisk. Smatika Jurnal, 9(02), 51–58. https://doi.org/10.32664/smatika.v9i02.281

Timor, V. R. (2015). Facebook sebagai media promosi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1–12.

Vinka, A. M., Michele, N., Industri, F. T., & Seni, F. (2021). OPTIMASI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 1–13.

Wahyuni, A. P. (2017). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Wogo, A. N. (2020). Penggunaan Instagram Dan Facebook Sebagai Media Sahabat Ponsel Duta Mall Banjarmasin.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Prabowo, T., Setyawan, D. A. ., Balian, M. R., & Tri Cahyo, V. A. . (2022). Pemanfaatan Facebook sebagai Media Promosi Penjualan Madu Istighfar di Kabupaten Kediri. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 22–28. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.681

Issue

Section

Articles