Pelatihan Dasar TIK di Sekolah Dasar

Authors

  • Nadia Rizqi Amalia Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Elsa Vina Pramesti Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Dewi Nafa Ulama Universitas Muhadi Setiabudi
  • Laelia Nurpratiwiningsih Universitas Muhadi Setiabudi
  • Prasetyo Yuli Kurniawan Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.780

Keywords:

Pelatihan, Dasar TIK, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi anak usia sekolah dasar. Dengan adanya pendidikan anak dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan minat yang dimiliki. Kemampuan anak dapat dikembangkan melalui pengetahuan terkait dengan dasar-dasar TIK. TIK ini merupakan ketrampilan yang perlu dimiliki anak sampai pada jenjang seterusnya. Namun, adanya keterbatasan fasilitas baik dari buku, komputer ataupun internet menjadi kendala dalam mengembangkan kemampuan tersebut dan masih banyak anak yang belum dapat mengoperasikan komputer. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan terkait dengan dasar-dasar TIK di Sekolah Dasar tersebut. Tempat dilaksanakan di SD Negeri Kragilan 2, kabupaten Klaten. Sasaran dalam kegiatan ini adalah anak usia sekolah dasar pada kelas tinggi. Kegiatan pelatihan dimulai dengan pemberian materi terkait dengan dasar-dasar TIK, kemudian dilanjutkan dengan praktek mengoperasikan komputer. Dimana anak melakukan kegiatan membuka dan mematikan komputer serta mengetik menggunakan word. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil bahwa anak usia sekolah dasar dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait dengan pengetikan menggunakan word pada komputer.

References

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sdn Sungai Miai 5 Dan Sdn Surgi Mufti 4 Di Banjarmasin. AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 452–461. https://doi.org/10.31602/alsh.v3i2.1196

Hamidin, D., Rediana, W., Andarsyah, R., Informatika, T., Indonesia, P. P., Kunci, K., Inggris, B., & Baca, M. (2015). Abstrak. COMPETITIVE, 10(1), 1–8.

Jamun, Y. M. (2019). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utaea Kabupaten Manggarai. Randang Tana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89–178.

Putra, S. J., & Zulhadi, Z. (2021). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa se-Kecamatan Gangga. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 56–59. https://doi.org/10.35746/bakwan.v1i2.180

Syafrudin, Musahrain, Noviati, W., Safitri, A., & Suhendra, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan di Bidang TIK bagi Guru SD Negeri Leseng Moyo Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 228–232.

Syahid, A. A., Isrok’atun, & Amelia, K. D. (2019). Pengembangan Struktur Materi Pelatihan TIK bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2), 132–136.

Waldopo. (2015). Dampak Pelatihan Pemanfaatan Tik ( Petik ) Untuk Pembelajaran Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Di Luar Negeri (Studi guru-guru sekolah Indonesia di Bangkok-Thailand ) The Impact Of Teacher Training For Indonesian School. Jurnal Teknodik, 19(April), 24–35.

Zamrodah, Y. (2016). Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Sengon. 15(2), 1–23.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Amalia, N. R., Pramesti, E. V. ., Ulama, D. N. ., Nurpratiwiningsih, L. ., & Kurniawan, P. Y. . (2022). Pelatihan Dasar TIK di Sekolah Dasar. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 35–40. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.780

Issue

Section

Articles