Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kerjo

Authors

  • Saprilia Tri Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Maya Nur Indah Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nabilla Putri Jullizir Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Deni Irawan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sri Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Primadani Yoga Siwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dian Fitria Ningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Feby Istifarini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Syaifulloh Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.815

Keywords:

Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media Pembelajaran

Abstract

Pesatnya perkembangan TIK memungkinkan penggunaan metode pembelajaran yang berbeda dan lebih efisien. Penerapan teknologi informasi dalam pendidikan merupakan tantangan nyata dan faktual. Proses pembelajaran yang efektif dan efisien memerlukan strategi pembelajaran yang baik. Untuk dapat merancang dan menyampaikan pembelajaran, Anda perlu memahami strategi mengajar dan menguasai media pengajaran. Pembelajaran yang efektif ditunjukkan dengan bagaimana pembelajaran dapat memenuhi kebutuhan siswa dan tuntutan zaman. Dalam rangka melaksanakan pembelajaran yang kreatif, menarik, dan membantu memvisualisasikan konsep matematika. Mitra menjalani pelatihan pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang didalamnya mencakup pula pembelajaran untuk siswa SMP Negeri 2 Kerjo  Selain itu dilakukan pendampingan kepada siswa, agar upaya melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan dapat terwujud dan berjalan dengan baik.

References

Agus Suharto, Jazuli Muchtar. 2021. “PEMANFAATAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BAGI GURU-GURU SMP SMK PUTRA SATRIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH.” 3(March): 6.

Anshori, Sodiq. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 2(1): 88–100.

Fathul Anam, Endaryana Putut LE, Henny Sukrisno, Lusy Tunik Mauhalisiani. 2017. Program Kemitraan Masyarakat (Pkm) Peningkatan Kompetensi Guru Matematika Smk Di Sidoarjo Melalui Aplikasi Geogebra.

Haniah, Haniah. 2014. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 2(1): 1–19.

Ismaniati, Christina. 2010. “Penggunaan Teknologi Dalam Proses Pendidikan Jasmani Merupakan Salah Satu Bentuk Dari Transpormasi Pada Dunia Pendidikan.” Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawan, Prasetyo Yuli, and Atikah Mumpuni. 2021. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Pada Guru-Guru SMP.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5(6): 5–12.

Muhammad Syaifulloh, Slamet Bambang Riono, Akbar NPD Wahana. 2020. “Pelatihan Menangani Culture Shock Pada Siswa Yang Akan Memasuki Dunia Pendidikan Baru Dan Dunia Kerja Di SMA Ikhsaniyah Kota Tegal.” Jurnal Masyarakat Mandiri 4(4): 579–87. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm.

Myori, Dwiprima Elvanny, Rahmat Hidayat, Fivia Eliza, and Radinal Fadli. 2019. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android.” JTEV: Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional 5(2): 102–9.

Purnasari, Pebria Dheni, and Yosua Damas Sadewo. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik.” Publikasi Pendidikan 10(3): 189.

R. Ce ha, Endang Prasetyaningsih, Iyan Bachtiar, Agus Nana S. 2008. “Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian M Asyarakat): 131-138.” Penelitian dan pengabdian masyarakat 4(1): 131–38.

Tekege, Martinus. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire.” Jurnal Teknologi dan Rekayasa 2(1): 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38.

Widyastono, Herry. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi a Di Provinsi Jawa Timur.” Jurnal Kwangsan 5(1): 21.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Lestari, S. T. ., Sari, M. N. I. ., Jullizir, N. P. ., Irawan, D. ., Lestari, S. ., Siwi, P. Y. ., … Syaifulloh, M. . (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kerjo . JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 41–47. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.815

Issue

Section

Articles