Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran melalui Peningkatan Citra Produk Usaha Warung Seblak Ibu Aenun (Studi Kasus Desa Cikuya)

Authors

  • Nurulliyanah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khalid Iskandar University Of Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Sri Undartik Politeknik LP3I

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.837

Keywords:

manajemen usaha, strategi pemasaran, citra produk, branding

Abstract

Usaha Warung Seblak Bu Aenun merupakan salah satu UMKM yang berkembang di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo. Seblak adalah makanan khas Garut yang kini mulai dikenal banyak orang dan menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Seblak memiliki kekhasan pada rasa, bumbu, dan condiment yang tersaji. Kepopuleran seblak menjadikan Bu Aenun berinisiatif menjalankan usaha warung seblak. Namun permasalahan yang terjadi adalah pelaku usaha belum memiliki wawasan yang baik bagaimana memanajemen sebuah usaha dan menerapkan strategi yang tepat untuk melakukan promosi produknya. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengadakan pendampingan pada UMKM yang potensial di Desa Cikuya, khususnya Warung Seblak Bu Aenun. Permasalahan ini yang menjadi dasar terbentuknya kesepakatan Tim KKN UMUS untuk melakukan pendampingan dalam upaya pengembangan Usaha Warung Seblak Bu Aenun. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah; 1) memberikan sosialisasi manajemen usaha yang baik untuk meningkatkan usaha; 2) memperbaiki manajemen usaha dalam hal strategi pemasaran; dan 3) kegiatan branding dengan membuat logo yang ditempelkan pada kemasan produk seblak Bu Aenun. Hasil kegiatan yakni; 1) manajemen usaha diperbaiki dengan fokus pada aspek penting yang diperlukan untuk mengembangkan usahanya;2) meningkatkan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan omset penjualan; dan 3) branding dengan adanya logo sebagai upaya meningkatkan pemasaran.

References

Bismala, Lila dan Handayani, Susi. (2014). Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM 2014.

Diarta, I Ketut Surya, et. Al. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia, Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol. 4(1), pp. 170-187.

Evelina, Nela, et. Al. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus), Jurnal Sosial dan Politik, Vol. 2(1), pp. 1-11.

Venessa, Ike, & Zainul Arifin. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati), Jurnal Adminitrasi Bisnis, Vol. 5(1), pp. 44-48.

Wijaya, Fredric, & Tiurniari Purba. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan terhadap PT Continental Industry Supply, Jurnal Motivasi, Vol. 7(1), pp. 849-858.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Nurulliyanah, N., Iskandar, K., Setiadi, R., & Undartik, S. . (2022). Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran melalui Peningkatan Citra Produk Usaha Warung Seblak Ibu Aenun (Studi Kasus Desa Cikuya). JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 48–55. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.837

Issue

Section

Articles