Pengelolaan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kerupuk Bawang Ubay Jaya di Desa Cikuya

Authors

  • Iza Azkiah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Dumadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khalid Iskandar University Of Muhadi Setiabudi
  • R.M. Herdian Bhakti Universitas Muhadi Setiabudi
  • Otong Saeful Bachri Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.855

Keywords:

Pengelolaan Keuangan, Akuntansi, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan didesa Cikuya, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Mitra umkm nya yaitu pengusaha Mikro kerupuk bawang Ubay Jaya. Permasalahan yang dihadapi pelaku yaitu kurangnya pengetahuan tentang pengelolan  usaha mikro, khususnya dibidang pembukuan keuangan. Untuk meningkatan pengetahuan pengusaha, solusi yang dibagikan adalah pemberian pemahaman tentang pembuatan pembukuan sederhana untuk usahanya.Target luaran dari permasalahan tersebut yaitu pemberian pelatihan bagi mitra UMKM perihal mengelola keuangan dengan memerlukan akuntansi. Target dari solusi ini adalah kemampuan mitra menggunakan akuntansi dengan mudah untuk meningkatkan kinerja keuangan bisnisnya, mitra paham cara pembukuan sederhana usaha mikro. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah (pemberian motivasi) kepada pelaku umkm, tutor atau pemberian materi dan dilanjutkan dengan diskusi atau sesi tanya jawab mengenai hal yang sudah disampaikan. Hasil yang telah dicapai pada pengabdian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan pengusaha mikro tentang cara pengelolaan keuangan dengan menggunakan akuntansi.

References

Destiana, N. (2020, November 16). Peran penting UMKM Dalam Perkembangan ekonomi. Aplikasi Paling Lengkap Pendukung UMKM Lebih Maju. Retrieved September 17, 2022, from https://majoo.id/blog/detail/peran-penting-umkm-dalam-perkembangan-ekonomi.

Hartati, Sri. 2013. Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Mudjiarto dkk. 2015. Pembinaan Usaha Menengah, Kecil & Mikro (UMKM) Melalui Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) BUMN. Jurnal Abdimas Vol. 1 No. 2 Maret 2015.

Rina Fiati, Zuliyati. 2015. Peningkatan Kualitas Produk Pigura Kaligrafi Dalam Rangka Memacu Pertumbuhan Ekspor Melalui Pasar Yang Kompetitif. Prosiding SNATIF ke- 2 Tahun 2015.

Sony Warsono, dkk. 2010. Akuntansi UMKM Ternyata Mudah Dipahami dan Dipraktikkan. Yogyakarta: Asgard Chapter.

Yusna Melianti. 2002. Dukungan Koperasi Dalam Pengembangan UKM Menurut Perspektif Politik Hukum Ekonomi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 8 No. 28 th. VIII Juni 2002.

Downloads

Published

2022-08-19 — Updated on 2022-08-19

Versions

How to Cite

Azkiah, . I. ., Dumadi, D., Iskandar, K., Bhakti, R. H., & Bachri, O. S. . (2022). Pengelolaan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kerupuk Bawang Ubay Jaya di Desa Cikuya. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 67–74. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.855

Issue

Section

Articles