Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Memaksimalkan Potensi Kearifan Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Muhamad Yunus Universitas Muhadi Setiabudi
  • Isradias Mirajhusnita Universitas Muhadi Setiabudi
  • Abdul Khamid Universitas Muhadi Setiabudi
  • Adik Chandra Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.987

Keywords:

Desa Cikuya, Kegiatan Pengabdian, Kerjasama, Solidaritas

Abstract

Desa Cikuya merupakan Desa yang dimekarkan/mengalami program pemekaran dari Desa Malahayu dan merupakan bekas wilayah dari Desa Malahayu dengan dasar pemekaran yang bertujuan untuk mengefektifkan pembangunan, dan dari segi wilayah dan jumlah penduduk merupakan desa terbesar kelima dari 25 desa yang ada di kecamatan Banjarharjo. Letak Desa Cikuya walaupun tidak terlalu jauh dari ibu kota kecamatan, tidak otomatis dapat bergerak cepat dalam roda pembangunan salah satu penyebabnya adalah tidak dilaluinya desa ini oleh jalan kabupaten maupun oleh jalan provinsi. Kegiatan pengabdian yang dilakukan di Desa Cikuya menemukan beberapa permasalahan yang terjadi di masyarakat di antaranya pada bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang sains dan teknologi, bidang infrastruktur, bidang kesehatan, serta bidang olahraga. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu masyarakat untuk menemukan solusi yang tepat berdasarkan permasalahan yang timbul di desa tersebut. Metode yang dilakukan adalah dengan pendekatan, sosialisasi, dan acceptable. Program yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan ini telah berhasil direalisasikan dalam 4 bidang yaitu bidang pendidikan, perekonomian, infrastruktur, sains dan teknogi. Secara keseluruhan, keberhasilan program pengabdian ini tidak lepas dari solidaritas, kerjasama, dan bantuan dari berbagai pihak.

References

Aisyah, S., & Rachmadi, K, R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 22-31.

Gunartin (2017). Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Eduka. 2(2), 78-82.

Haryadi, R. N., Anda, R, K, & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16.

Hidayatulloh, A., Fatma, F, D. (2019). Sosialisasi Peran UMKM dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Guna Mendorong Masyarakat Sadar Pajak. Jurnal Pengabdian untuk Mu negeri, 3(1), 90-97.

Nursalim, N., Sampeallo, A. S., Wahid, A., & Meok, N. J. (2019). Upaya Peningkatan Produksi Mebel pada UMKM Kota Kupang Berbasis Teknologi Tepat Guna. Dinamisia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 258-265.

Sulistianingrum, D., & Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa melalui Teknologi Informasi Selama Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 113-119.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Yunus, M., Mirajhusnita, I. ., Khamid, A., & Chandra, A. . (2023). Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Memaksimalkan Potensi Kearifan Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat . JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 95–102. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.987

Issue

Section

Articles