Analisis Positioning Operator Seluler dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Pasar di Wilayah Yogyakarta

Authors

  • Andi Yulianto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roni Roni Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Azizah Indriyani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/jecma.v1i01.223

Keywords:

operator seluler, segmentasi, analisis faktor, analisis korespondensi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar operator seluler dari tiga merek yaitu: Telkomsel, Mentari, dan XL. Ketiga merek tersebut mendominasi pasar operator seluler sehingga menarik untuk diteliti tentang peta persaingan terhadap atribut-atribut yang diberikan kepada konsumen. Sampel yang dipilih adalah pengguna dari ketiga merek operator seluler di Wilayah Sleman, Yogyakart sebanyak 140 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis faktor/klaster dan analisis korespondensi. Berdasarkan hasil output SPSS menghasilkan 3 (tiga) klaster, yaitu klaster 1 tentang layanan, klaster 2 tentang harga kartu perdana, dan klaster 3 tentang biaya telepon/SMS. Analisis korespendensi menghasilkan 4 kwadran yang membagi kelompok atribut-atribut yang diteliti

Author Biographies

Andi Yulianto, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi

 

 

 

Roni Roni, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi

 

 

 

 

Roby Setiadi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Azizah Indriyani, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Andi Yulianto, Roni, R., Setiadi, R., & Indriyani, A. (2020). Analisis Positioning Operator Seluler dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Pasar di Wilayah Yogyakarta. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(2), 33–45. https://doi.org/10.46772/jecma.v1i01.223

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)