Penerapan Model Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Laely Nurul Aini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Muryaningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Irawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.248

Keywords:

Hasil Belajar, Missouri Mathematics Project, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar pengetahuan pada pertemuan I mendapatkan nilai 71,8 dengan kategori baik, dan ketuntasan 75%. Pada pertemuan II mendapatkan presentase  80,5 dengan kategori baik, dan ketuntasan belajar 80%. Hasil belajar sikap percaya diri pada pertemuan I mendaptkan nilai 2,5 dengan kategori cukup, dan pada pertemuan II mendaptkan presentase 3,25 dengan kategori baik. Hasil belajar keterampilan menyelesaikan soal matematika pada pertemuan I mendapatkan nilai 2,5 dengan kategori cukup dan pada pertemuan II mendapatkan presentase 3,08 dengan kategori baik. Hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap percaya diri, dan keterampilan menyelesaikan soal matematika telah mencapai indikator keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa model Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 1 Banjarsari Wetan. 

Author Biographies

Laely Nurul Aini, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

 

 

Sri Muryaningsih, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

 

 

Dedy Irawan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

 

 

References

S. Muryaningsih and S. Irianto, “Math Games Domino Effect on the Results of the Learning Math Fractions In Class IV SD Negeri 1 Kalikabong, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Vol. 7, no. 2, pp. 31-42, 2015, [Online]. Available: https://www.bing.com/search?q=jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/930/869%C2%A0&form=IPRV10

Mulyasa, “Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”, 2014, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

A. Bate’e, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika SD Negeri 4 Idanogawo, Jurnal Bina Gogik, vol. 2, no. 1, pp. 25-31, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/arrticle/view/86

Isrok’atun and Rosmala, A, “Model-Model Pembelajaran Matematika”, 2018, Bumi Aksara, Jakarta.

A. S. Misi, “Improving of Motivation and Learning Achievement of Mathematics by Using Missouri Mathematics Projects (MMP) of Learning Models and High Order Thinking (HOT) on Limit Trigonometric Topic,” Prosiding SS9 &URICES, no 3, pp. 441-453, 2019, [Online]. Available: https://ices.prosiding.unri.ac.id/index.php/ICES/issue/view/793/showToc

, 11] W. B. Sulfemi and Z. Desmiati, “Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendas Mahakam, vol. 3, no. 3, pp. 232-245, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/269

Kemmis, S., R. McTaggart, dan R. Nixon, “The Action Research Planner”, 2014, Springer, Singapore.

, 9] Ariyana, “Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”, 2018, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

E. M. Sagarih, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)”, Open Jurnal System (OJS), vol. 6, no. 11, pp. 546-551, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.una.ac.id/index.php/id/article/view/698/0

I. Swarsaya, Kartono and Watutup, “Mathematics Communication Skill Analysis Seen from Emotional Quotient on Fast Feedback in Missouri Mathematics Project Learning”, UJMER, vol. 10, no. 1, pp. 48-54, 2020, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34613

Kemendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah”, 2016, Kemendikbud, Jakarta.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Aini, L. N., Muryaningsih, S., & Irawan, D. (2020). Penerapan Model Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 43–49. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.248

Issue

Section

Articles