Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251Keywords:
Metode Pembelajaran, Gaya Kognitif, Motivasi, Hasil Belajar PenjasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran mempengaruhi motivasi dan hasil belajar penjas siswa kelas V SD di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo bergantung pada gaya kognitif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo tahun ajaran 2018/2019 terdiri dari 5 sekolah. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V SD Negeri 45 Poleonro dan kelas V SD Negeri 218 Gilireng yang berjumlah 79 orang. Instrument yang digunakan adalah tes gaya kognitif GEFT, angket motivasi belajar penjas dan tes hasil belajar penjas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar penjas siswa kelas V SD di Kecamaatan Gilireng Kabupaten Wajo dipengaruhi oleh metode pembelajaran tergantung pada gaya kognitif, dan (2) Hasil belajar penjas siswa kelas V SD di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo dipengaruhi oleh metode pembelajaran tergantung pada gaya kognitif.
References
E. A. Prabawa, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika,” vol. 6, no. 1, pp. 120–129, 2017.
A. S. Nur and M. Palobo, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender,” Kreano J. Mat. Kreat., vol. 9, no. 2, pp. 139–148, 2018.
Mustaqim and A. Wahib, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
E. Noviyanti, D. E. H, and S. A. P, “Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan Siswa Berprestasi Di Sekolah Dasar,” J. AcTion, vol. 2, no. 2, pp. 80–85, 2017.
M. G. Nugraha and S. Awalliyah, “Analisis Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas Vii,” in Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, 2016, vol. V.
Dalyono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
E. R. Wulan and R. E. Anggraini, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang,” Factor M Focus ACTion Res. Math., vol. 1, no. 2, pp. 123–142, 2019.
W. H. Mailili, “Deskripsi hasil belajar matematika siswa gaya kognitif field independent dan field dependent,” ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
M. S. B. Payung, T. Nuriah, and Sakardi, “Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMAN 28 Kab. Tangerang,” J. Pendidik. Sej., vol. 6, no. 1, p. 29, 2017.
E. M. L. S. de ALENCAR and D. de S. FLEITH, “Relationships between motivation, cognitive styles and perception of teaching practices for creativity,” Estud. Psicol., vol. 33, no. 3, pp. 503–513, 2016.
Yendrawaty, Syahrul, and Novia, “The Influence of Problem Based Learning Model and Learning Motivation to Expository Writing Text Ability of Students Grade VII MTsN 1 Bukittinggi,” J. Apl. IPTEK Indones., vol. 2, no. 4, pp. 21–27, 2018.
D. Sriwidiarti, “Keefektifan metode penemuan terbimbing dan metode pemberian tugas pada pembelajaran bangun ruang sisi lengkung,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 4, no. 1, pp. 63–74, 2016.