Peningkatan Interaksi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Kooperatif Tipe TAI

Authors

  • Kurnia Rahayuningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Karma Iswasta Eka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arifin Muslim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.395

Keywords:

interaksi belajar, prestasi belajar, team assisted individualization.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, keefektifan model kooperatif tipe TAI, dalam meningkatkan interaksi dan prestasi belajar peserta didik. Subjek penelitian ini, peserta didik kelas V  yang berjumlah 24 orang peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus diadakan evaluasi dengan mengerjakan lembar soal evaluasi. Hasil interaksi belajar mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 50% menjadi 70% pada siklus II. Hasil prestasi belajar juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan pada siklus I secara klasikal pada muatan IPA dari 62,5% menjadi 70%, pada muatan bahasa Indonesia ketuntasan secara klasikal dari 70% menjadi 75%. Temuan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah saat diskusi kelompok masih ada beberapa peserta didik yang belum mau menyampaikan pendapatnya. Kecenderungan peserta didik untuk berkelompok dengan teman akrabnya, membuat kelompok yang dibentuk guru menjadikan interaksi kurang optimal. Hal tersebut, tentu mempengaruhi prestasi belajar beberapa peserta didik.

References

A. Prastowo, Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta, 2019.

N. Nasehudin, “Pengembangan Pendidikan Melalui Interaksi Pembelajaran dan Proses Komunikasi,” Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2013, [Online]. Available: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/639.

E. N. Inah, “Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa,” Jurnal Al-Ta’dib, vol. 8, no. 2, pp. 150–167, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/416.

S. Fatimah, R. U. Nurbaeti, and B. A. Pranoto, “Hubungan Antara Disiplin dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas III,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 01, no. 1, pp. 63–69, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/60.

R. E. Slavin, Cooperative Learning (Riset dan Praktik). Bandung, 2010.

N. L. Sutiari, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha,” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 32–40, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/17107.

W. Susanti and B. Jatmiko, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA pada Materi Elastisitas,” Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), vol. 06, no. 01, pp. 26–33, 2016, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/882.

S. Arikunto, S. Suhardjono, and S. Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, 2008.

J. Higgs, N. Cherry, R. Macklin, and R. Ajjawi, Qualitative Data Analysis. 2019.

M. L. Ilhamdi, D. Novita, and A. N. K. Rosyidah, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 49–57, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/162.

J. L. Lisa, R. Ariesta, and A. J. Purwadi, “Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu,” Jurnal Ilmiah KORPUS, vol. 2, no. 3, pp. 270–282, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/6782.

F. Fembriani, “Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 66–73, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/164.

A. Mumpuni and L. Nurpratiwiningsih, “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Mahasiswa PGSD,” Cakrawala Pendidikan, vol. 37, no. 2, pp. 321–332, 2018, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/20009.

L. Setiawati, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 5, no. 3, pp. 325–339, 2015, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/files/journals/55/articles/6487.

Y. Yuzarion, “Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik,” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 107–117, 2017, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/2210.

A. Syafi’i, T. Marfiyanto, and S. K. Rodiyah, “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 115–123, 2018, [Online]. Available: urnal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/viewFile/114/102.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Rahayuningsih, K. ., Iswasta Eka, K., & Muslim, A. . (2021). Peningkatan Interaksi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Kooperatif Tipe TAI. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 36–43. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.395

Issue

Section

Articles