Model Pembelajaran Daring Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Moh. Toharudin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhadi Setiabudi
  • Dian Luthfiatul Amalia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.458

Keywords:

Model pembelajaran daring,, sekolah dasar

Abstract

Pandemi covid-19 menuntut semua aktivitas dilakukan secara daring termasuk pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model belajar secara daring selama pandemi covid-19 dan mengetahui kendala dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus yang dilaksanakan di SDN Cikakak 01. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan  dari penelitian ini yaitu guru kelas, peserta didik dan wali murid. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran daring yang dilaksanakan SD Negeri Cikakak 01 Banjarharjo Brebes adalah blended daring dan luring. Pembelajaran daring dilakukan melalui grup whatsapp pada masing-masing kelas yang dikoordinir oleh guru kelas. Pelaksanaan pembelajaran daring, guru memberikan materi dengan foto-foto materi dan video youtube yang diunggah pada group whatsapp. Selanjutnya untuk penugasan juga melalui group Whatsapp dan dikumpulkan kesekolah sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Kendala dalam pembelajaran daring melalui wahtsapp yaitu pembelajaran masih dirasa kurang efektif untuk muatan matematika dan kelas rendah.

References

H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (DARING) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar,” Jurnal basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–872, 2020, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460.

A. Shoimin, Model Pembelajaran Inovasi dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

I. Setyorini, “Pandemi covid-19 dan online learning: apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurikulum 13?,” Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), vol. 01, no. 01, pp. 95–102, 2020, [Online]. Available: https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/31.

W. A. F. Dewi, “Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89.

N. Martono, Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

N. Khoiroh, M. Munoto, and L. Anifah, “Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol. 10, no. 2, pp. 97–110, 2017, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/13986.

A. Mumpuni, P. Y. Kurniawan, R. U. Nurbaeti, A. N. Fadillah, M. Yuliyanti, and N. Indriyani, “Implementation of the school literacy movement during the covid-19 pandemic,” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 11, no. 1, pp. 75–87, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/7928/0.

N. K. S. Astini, “Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19,” Jurnal Lampuhyang, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194.

M. Toharudin, “Komunikasi dalam pembelajaran di era pandemi covid-19,” Prosiding Seminar Nasional FIP 2020, vol. 7, no. 9, pp. 238–248, 2020, [Online]. Available: https://fip.unesa.ac.id/fip-ppti/public/proceeding/index.php/webinar2020/article/view/90.

U. Cahyaningsih and I. M. Sofyan, “Pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 02, no. 02, pp. 77–83, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/400.

A. Amir, “Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Eksakta, vol. 2, no. 1, pp. 34–40, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/184.

H. A. Rigianti, “Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Kabupaten Banjarnegara,” Elementary School, vol. 7, no. 2, pp. 297–302, 2020, [Online]. Available: https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768.

M. Daheri, J. Juliana, D. Deriwanto, and A. D. Amda, “Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 775–783, 2020, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/445.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Toharudin, M. ., & Amalia, D. L. . (2021). Model Pembelajaran Daring Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 1–7. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.458

Issue

Section

Articles