Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di SD

Authors

  • Ujiati Cahyaningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka
  • Ipang Muhammad Sofyan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.400

Keywords:

pemahaman konsep,, media berbasis video,, IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih rendahnya pemahaman peserta didik pada konsep IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada konsep IPA melalui penerapan media berbasis video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SDN Cimuncang II. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis video dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada konsep IPA. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai yang diperoleh setiap siklus. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik sebelum pemberian tindakan adalah 62,5 sedangkan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar adalah 37,5% . Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik adalah 69,67 sedangkan persentase jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar adalah 62,5%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik mencapai 81,5 sedangkan persentase jumlah peserta didik yang memperoleh nilai mencapai ketuntasan belajara adalah 87,5%. Media berbasis video hendaknya dapat dipersiapkan secara seksama, mulai dari persiapan yang maksimal, bervariasi dan menarik, alokasi waktu yang digunakan, sampai strategi pelaksanaan yang tepat.

References

W. Sanjaya, “Media Komunikasi Pembelajaran,” Kencana Prenada Media Group. p. 278, 2012.

N. Sumarni, R. W. Astuti, and S. D. Mumpuni, “Keterampilan Hidroponik Untuk Perkembangan Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 22–29, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/245.

M. Fadhli, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar,” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2015, [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/157.

F. S. Wahid, M. A. Purnomo, and S. M. Ulya, “Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 38–42, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/247.

F. Hutapea and N. A. Purba, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Mengait Pada Siswa Tata Busana Smk Negeri 8 Medan,” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, vol. 17, no. 1, pp. 58–66, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/mbt/article/view/4814.

D. R. Triputra et al., “Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 01, pp. 18–25, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/54.

E Mulyasa, “Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013,” Bandung: Remaja Rosadakarya. 2017.

B. A. I. Williyana, Y. N. Kholisho, and A. Fathoni, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi,” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 52–58, 2018, [Online]. Available: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic/article/view/869.

A. Y. Utomo and D. Ratnawati, “Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk,” Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 68, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/2839.

D. Safitri and H. I. Syofii, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik,” Jurnal PendidikanTeknik Mesin, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/6967/4026.

S. Anshor, I. G. Sugiyanta, and R. K. S. U, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi,” Jurnal Penelitian Geografi, vol. 3, no. 7, pp. 1–9, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/10376.

A. Busyaeri, T. Udin, and A. Zaenudin, “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon,” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 3, no. 1, pp. 116–137, 2016, [Online]. Available: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/584.

M. Miftahussurur and P. Pramono, “Peningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin Mesin,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, vol. 16, no. 1, pp. 31–36, 2016, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9153.

K. Agustini and J. G. Ngarti, “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D,” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 62–78, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Cahyaningsih, U. ., & Muhammad Sofyan, I. . (2021). Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 77–83. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.400

Issue

Section

Articles