Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf

Authors

  • Eka Nur Oktafiani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Irawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.472

Keywords:

Kesulitan belajar,, Bahasa Indonesia,, Ide pokok

Abstract

Kesulitan dalam belajar merupakan kesulitan yang selalu dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Kesulitan dalam membuat paragraf seringkali menjadi masalah yang dialami oleh siswa setiap pembelajaran Bahasa Indonesia. Paragraf adalah salah satu materi yang ada di dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kesulitan yang dialami siswa dalam materi paragraf diantaranya adalah kesulitan dalam menentukan ide pokok. Kesulitan dalam menentukan ide pokok menjadi masalah cukup serius yang dialami oleh siswa di SD kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf di kelas V SD N 2 Dukuhwaluh (2) Mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok paragraf. Penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan dua siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok di kelas V SD N 2 Dukuhwaluh. Kesulitan dalam menentukan letak ide pokok paragraf dan kesulitan dalam  menulis ide pokok paragraf. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui permasalahan yang terjadi setiap tahun di Sekolah Dasar kelas V.

References

G. M. Johan and R. Rindawati, “Interferensi morfogis bahasa simeuleu dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 10 Simeulue Tengah,” Jurnal Metamorfosa, vol. 6, no. 1, pp. 27–39, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/189.

S. F. Anzar and M. Mardhatillah, “Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat tahun aajaran 2015/2016,” Bina Gogik: JUrnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 4, no. 1 Maret 2017, pp. 53–64, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/25.

R. Purba, “Improving the achievement on writing narrative text through discussion starter story technique,” Advances in Language and Literary Studies, vol. 9, no. 1, pp. 27–30, 2018, [Online]. Available: http://www.journals.aiac.org.au/index.php/alls/article/view/4074.

R. H. Hamonangan and S. Widyarto, “Pengaruh self regulated learning dan self control terhadap hasil belajar bahasa Indonesia,” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 5–10, 2019, [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index.

P. Astuti, A. Mumpuni, and B. A. Pranoto, “Pengaruh Minat Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan,” Jurnal KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/55.

S. Widiyarto, “Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis eksposisi,” Pesona: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, vol. 3, no. 1, pp. 74–80, 2017, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/229583964.pdf.

E. Kurniawati, A. Sutarjo, and D. Wardana, “Analisis kesulitan siswa kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 dalam menentukan ide pokok paragraf,” Kalimaya, vol. 7, no. 2, pp. 1–13, 2019, [Online]. Available: http://antologi.upi.edu/file/A_40_Ennok_Kurniawati_1507281.pdf.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Oktafiani, E. N. ., & Irawan, D. . (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 8–14. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.472

Issue

Section

Articles