Persepsi dan Kendala Guru SD Mengenai Sistem BDR (Belajar dari Rumah)

Authors

  • Monika Handayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka
  • Yoan Dendi Pradana SD Negeri Pondok Cabe Ilir 02, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.478

Keywords:

Belajar Dari Rumah,, Pandemi,, Covid-19,, Pembelajaran Daring,, Blended Learning

Abstract

Kebijakan belajar di rumah (BDR) yang diterapkan oleh pemerintah karena pandemi covid-19 menjadi hal baru yang baru di dunia pendidikan. Hal tersebut pasti menjadi masalah yang cukup berarti bagi guru dan siswa. Guru harus berpikir kreatif untuk mampu menghasilkan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh siswa. Penelitian ini difokuskan pada pemahaman guru mengenai BDR dan cara guru melaksanakan kegiatan BDR serta kendala yang dialami guru pada kegiatan BDR ini. Jenis penelitian termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru di kabupaten Purbalingga sedangkan waktu penelitian ini dilakukan selama 6 bulan. Teknik dan instrumen pengambilan data pada penelitian disesuaikan dengan situasi yang terjadi saat ini karena covid-19 sehingga dilakukan wawancara dengan pedoman wawancara via online. Teknik analisis data akan dilakukan menggunakan teknik analisis Miles dan huberman. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan kegiatan BDR oleh guru SD di Purbalingga dilakukan dengan blended learning karena disesuaikan dengan kondisi siswa yang tidak memungkinkan jika hanya menerapkan pembelajaran daring. Selanjutnya, dari hasil penelitian juga menjelaskan kesulitan yang dialami guru dan siswa yaitu keterbatasan gadget dan jaringan serta kesulitan melakukan penilaian dalam kegiatan BDR.

References

E. M. Onyema, “Impact of Coronavirus Pandemic on Education,” Journal of Education and Practice, vol. 11, no. 13, pp. 108–121, 2020, doi: 10.7176/jep/11-13-12.

M. Daheri, J. Juliana, D. Deriwanto, and A. D. Amda, “Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 775–783, 2020, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/445.

F. N. Arifa, “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19,” Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, vol. XII, no. 7/I, p. 6, 2020.

A. R. Mansyur, “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia,” Education and Learning Journal, vol. 1, no. 2, p. 113, 2020, doi: 10.33096/eljour.v1i2.55.

M. Pendidikan, D. Kebudayaan, and R. Indonesia, “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease(Covid-19),” surat edaran dari kemetrian RI, vol. 5, no. 2020, pp. 2013–2015, 2020.

M. A. Adha, I. Arifin, M. Maisyaroh, S. Sultoni, and S. Sunarni, “Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan,” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 216–223, 2020, doi: 10.17977/um027v3i32020p216.

R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.

Kemendikbud, “Panduan: Pembelajaran Jarak Jauh – bersama hadapi korona,” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, p. 4, 2020.

T. Handayani, H. N. Khasanah, and R. Yoshinta, “Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19,” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), vol. 1, no. 1, p. 107, 2020, doi: 10.31002/abdipraja.v1i1.3209.

D. D. Sari, “Permasalahan guru sekolah dasar selama pembelajaran daring,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 02, pp. 27–35, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/394.

I. G. A. Suasthi, I. Bagus, and P. Eka, “Membangun Karakter ‘ Genius ’ Anak Tetap Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid - 19 Pada Sekolah Suta Dharma Ubud Gianyar,” Cetta:Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 431–451, 2020.

A. dkk Kurniasari, “ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19,” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, vol. 6, no. 3, pp. 1–8, 2020.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

et all Sudarsana, I Ketut., Covid-19 Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

R. Pangastuti, F. Pratiwi, A. Fahyuni, and K. Kammariyati, “Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah,” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2020, doi: 10.15642/jeced.v2i2.727.

N. Y. Sari and W. Wisroni, “The Urgency of Parental Guidance for Youth Education in the Belajar Dari Rumah (BDR) Era,” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), vol. 8, no. 3, p. 309, 2020, doi: 10.24036/spektrumpls.v8i3.109565.

S. L. Iftitah and M. F. Anawaty, “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19,” JCE (Journal of Childhood Education), vol. 4, no. 2, p. 71, 2020, doi: 10.30736/jce.v4i2.256.

Jannah et al., “Jurnal basicedu,” Jurnal basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1060–1066, 2021.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Handayani, M., & Pradana, Y. D. (2021). Persepsi dan Kendala Guru SD Mengenai Sistem BDR (Belajar dari Rumah). Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 15–25. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.478

Issue

Section

Articles