Permasalahan Guru Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Dessy Dwitalia Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.394

Keywords:

Pembelajaran daring, covid-19, guru SD

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah  menemukan permasalahan yang muncul pada saat melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dan wawancara secara daring. Sumber data  penelitian adalah 60 guru sekolah dasar yang tersebar di Provinsi Kalimantan Selatan. Tahap-tahap analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Temuan penelitan ini adalah bahwa permasalahan yang sering dihadapi guru sekolah dasar pada pembelajaran daring yaitu: 1) sebanyak 60% peserta didik masih terkendala ketersediaan gawai dan kesulitan akses jaringan; 2) pengunaan aplikasi daring yang masih monoton, sebanyak 50% pembelajaran lebih banyak menggunakan whatsapp; 3) sebanyak 90% guru masih mengalami kesulitan dalam evaluasi pembelajaran daring, dan 4) sebanyak 47% orang tua masih jarang mendampingi peserta didik belajar dari rumah. Saran-saran yang dapat dituliskan yaitu perlu adanya beberapa hal yang dapat mendukung pembelajaran daring, diantaranya: 1) aplikasi untuk pembelajaran daring yang mudah penggunaannya dan dapat diakses secara offline; 2) pendampingan dari orang tua untuk dapat menunjang keberhasilan belajar; 3) kerjasama dengan orang tua dalam hal evaluasi pembelajaran daring.

References

C. Sohrabi et al., “World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19),” International Journal of Surgery, vol. 76, pp. 71–76, 2020, [Online]. Available: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32112977/.

Mendikbud, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Indonesia, 2020.

N. H. Zhafira, Y. Ertika, and Chairiyaton, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19,” Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, vol. 4, no. 1, pp. 37–45, 2020, [Online]. Available: jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/1981.

K. A. Imania and S. K. Bariah, “Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring,” Jurnal Petik, vol. 5, no. 1, pp. 31–47, 2019, [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/445.

A. Arsyad, Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

A. R. Riyanda, K. Herlina, and B. A. Wicaksono, “Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung,” Jurnal IKRA-ITH Humaniora, vol. 4, no. 1, pp. 66–71, 2020, [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89.

A. Mumpuni and L. Nurpratiwiningsih, “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Mahasiswa PGSD,” Cakrawala Pendidikan, vol. 37, no. 2, pp. 321–332, 2018, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/20009.

N. B. Argaheni, “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia,” PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, vol. 8, no. 2, p. 99, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/placentum/article/view/43008.

F. Fembriani, T. R. Koroh, P. Pasmiyati, and R. Polin, “Efektifitas Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 8–14, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/243.

S. Mardikarini and F. Hamdani, “Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Tapak,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 01, no. 1, pp. 70–76, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/61.

T. Andriyani and D. T. Setiyoko, “Makna Pendidikan untuk Peserta Didik yang Ditinggal Ibunya Merantau,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 36–42, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/160/96.

D. Sunarsih and Y. Sunarsih, “Persepsi Pendidikan Bagi Bagi Siswa Broken Home (Atudi Kasus SDN Dukuh Payung Jatirokeh),” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 1–27, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/61.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Dwitalia Sari, D. (2021). Permasalahan Guru Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 27–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.394

Issue

Section

Articles