Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Authors

  • Laelia Nurpratiwiningsih Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Atikah Mumpuni

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.52

Keywords:

Puzzle, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Peran guru dalam pemilihan media pembelajaran sangat penting, terutama terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri Siwungkuk Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Uji analisis dapat dilakukan dengan uji t-test dengan mengukur uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tabel independent sample test pada hasil belajar peserta didik dapat diketahui bahwa nilai sig = 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran puzzle dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media puzzle ini dapat menjadi salah satu solusi dalam pembelajaran IPS di  SD khususnya pada materi peta.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. . (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1–6. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.52

Issue

Section

Articles