Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A

Authors

  • Agus Purnomo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.53

Keywords:

KIT, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu  (KIT) IPA pada pembelajaran mapel IPA materi Pesawat Sederhana kelas V di SD N Terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Berdasarkan hasil analisis data, ketersediaan KIT IPA pesawat sederhana di SD N terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan rata-rata persentase ketersediaan di seluruh sekolah adalah 98,3%, di kategorikan sangat baik, meliputi:  SDN 3, dan SDN 4 sebesar 100% dan SDN 9 sebesar 95%. Kondisi KIT IPA pesawat sederhana di SD Negeri terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan adalah 100%, di kategorikan sangat baik, meliputi: SDN 9 sebesar 95%, SDN 3 dan SDN 4 sebesar 100%. Pemanfaatan KIT IPA di 3 SD Negeri Terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan dikategorikan “kurang sekali”, dan hasil persentasenya sebesar 24%. Peneliti menyarankan kepada guru-guru yang mengajar mapel IPA agar mengikuti pelatihan bagi guru untuk lebih memanfaatkan KIT IPA yang sudah tersedia agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Purnomo, A. (2019). Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 7–17. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.53

Issue

Section

Articles