Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.53Keywords:
KIT, Ilmu Pengetahuan AlamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA pada pembelajaran mapel IPA materi Pesawat Sederhana kelas V di SD N Terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Berdasarkan hasil analisis data, ketersediaan KIT IPA pesawat sederhana di SD N terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan rata-rata persentase ketersediaan di seluruh sekolah adalah 98,3%, di kategorikan sangat baik, meliputi: SDN 3, dan SDN 4 sebesar 100% dan SDN 9 sebesar 95%. Kondisi KIT IPA pesawat sederhana di SD Negeri terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan adalah 100%, di kategorikan sangat baik, meliputi: SDN 9 sebesar 95%, SDN 3 dan SDN 4 sebesar 100%. Pemanfaatan KIT IPA di 3 SD Negeri Terakreditasi A se-Kecamatan Ketanggungan dikategorikan “kurang sekali”, dan hasil persentasenya sebesar 24%. Peneliti menyarankan kepada guru-guru yang mengajar mapel IPA agar mengikuti pelatihan bagi guru untuk lebih memanfaatkan KIT IPA yang sudah tersedia agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.