Analisis Minat Belajar Siswa Laki-Laki Kelas V Dalam Pembelajaran Seni Tari (Studi Kasus Di SDIT Nurul Hidayah Brebes)

Authors

  • Devi Nisa Ashobah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Rizki Umi Nurbaeti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Mohammad Toharudin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.57

Keywords:

Minat, Pembelajaran Seni Tari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari dan problematika dalam pembelajaran seni tari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V, guru ekstrakurikuler seni tari, siswa laki-laki kelas V dan wali siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) faktor internal yang mempengaruhi adalah pada minat dan tingkat kelelahan rohani yang dialami oleh siswa sedangkan dalam faktor eksternal yang mempengaruhi adalah keadaan gedung, relasi guru dan siswa serta perhatian orang tua. Dalam pembelajaran seni tari juga terdapat (2) Problematika dalam pembelajaran seni tari meliputi kendala yang hadapi oleh guru kelas dan siswa bahwa guru tidak memilki kompetensi dalam seni tari, guru hanya memberi tahu gerakan tari lewat gambar tanpa mempraktekkan hal tersebut menjadikan kendala bagi siswa, siswa merasa kesulitan dalam mempraktekkan gerakan seni tari dan membuat siswa malas untuk belajar seni tari dan membuat siswa laki-laki kurang minat pada saat pembelajran seni tari berlangsung.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Nisa Ashobah, D., Umi Nurbaeti, R., & Toharudin , M. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Laki-Laki Kelas V Dalam Pembelajaran Seni Tari (Studi Kasus Di SDIT Nurul Hidayah Brebes). Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 39–44. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.57

Issue

Section

Articles