Pengaruh Model Cooperative Tipe TGT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IV

Authors

  • Novi Yuliyanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Diah Sunarsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.58

Keywords:

Cooperative Tipe TGT, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV terhadap pelajaran matematika. Hal ini ditunjukan dengan hasil ulangan harian matematika hanya memperoleh ketuntasan klasikal 43,80%. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, perlu adanya proses perbaikan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar, dimana model pembelajaran cooperative tipe TGT dianggap paling tepat dalam pembeajaran matematika karena menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberikan model pembelajaran Cooperative Tipe TGT dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 1 Dukuhtengah.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian  Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Dukuhtengah yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument soal tes berbentuk Essay  yang terdiri dari 10 soal yang valid dan reliabel. Pengujian hipotesis potest dari hasil uji t diperoleh   2,53 ˃  2,08, maka dapat disimpulakan bahwa terdapat berbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe TGT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Yuliyanti, N., & Sunarsih, D. (2019). Pengaruh Model Cooperative Tipe TGT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 45–53. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.58

Issue

Section

Articles