Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 1 Tapak

Authors

  • Sasi Mardikarini program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Fahrudin Hamdani program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.61

Keywords:

Penilaian, Pembelajaran, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bentuk- bentuk penilaian pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 1 Tapak, Panekan, Magetan. 2) Mengetahui masalah- masalah yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terlihat bahwa 1) bentuk penilaian pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 terdiri dari penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Penilaian pengetahuan diambil berdasarkan tugas individu, tugas kelompok, ulangan, PR, dan dalam proses pembelajaran. Penilaian sikap diambil berdasarkan aktifitas yang dilakukan oleh siswa sehari- hari selama di sekolah, sedangkan keterampilan sesuai dengan kegiatan selama proses pembelajaran. Untuk penilaian sikap dan keterampilan belum berjalan secara maksimal. 2) Guru terkendala dengan pengalaman, materi yang cukup, waktu, dan partner kerja.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Mardikarini, S., & Hamdani, F. (2019). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 1 Tapak . Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 70–76. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.61

Issue

Section

Articles