Peran Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa SD

Authors

  • Keren Hapkh Watulingas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Tangerang
  • Wiputra Cendana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Tangerang
  • Tia Kartika Araini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.610

Keywords:

Daring, Siswa Sekolah Dasar, TPCK

Abstract

Pada saat melakukan observasi di salah satu sekolah, ditemukan bahwa model pembelajaran daring memberi dampak yang cendurung buruk bagi perkembangan pembelajaran peserta didik. Siswa tidak menunjukkan keterlibatannya secara aktif dalam pembelajaran. Maka, diperlukan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan desain pembelajaran yang tepat pada pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah dasar. Tujuan penulisan adalah menelaah sebuah model desain pembelajaran daring berdasarkan teori perkembangan kognitif, motivasi, interaksi sosial, moral, spiritual dan iman dan teori belajar yaitu model desain pembelajaran TPCK. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan pembahasan, karakteristik guru yang menerapkan model desain pembelajaran TPCK secara umum mampu memenuhi kebutuhan siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring. Meskipun demikian, perlu ditambah untuk memenuhi secara eksplisit karakteristik siswa yang belum diakomodasi, seperti kebutuhan moral dalam memperoleh standar konsekuensi yang jelas dan membangun hubungan siswa dengan guru. Dapat disimpulkan bahwa model desain pembelajaran TPCK dapat digunakan dalam pembelajaran daring untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah dasar dalam perkembangan kognitif, psikososial, dan moral. Namun, ditambahkan untuk secara nyata memenuhi kebutuhan moral siswa.

References

T. Dahlan, D. Darta, T. P. Alamsyah, and I. S. Wardhani, “Covid-19 pandemic: online learning platforms for elementary schools,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 33–44, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/10409.

N. Hidayati, P. Setyosari, and Y. Soepriyanto, “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru soshum setingkat SMA,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 291–298, 2019, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6720.

S. Supriyadi, S. Bahri, and R. S. Waremra, “Kemampuan technological pedagogical content knowledge (TPACK) mahasiswa pada matakuliah strategi belajar mengajar fisika,” J. Inspirasi Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2632.

T. Fajero, R. Festiawan, D. Anggraeni, N. Ngadiman, and D. R. Budi, “Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota …,” J. Pendidik. Kesehat. Rekreasi, vol. 7, no. 2, pp. 342–353, 2021, [Online]. Available: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1136.

T. Goradia, “Role of educational technologies utilizing the TPACK framework and 21st century pedagogies: academics’ perspectives,” IAFOR J. Educ., vol. 6, no. 3, pp. 43–61, 2018, [Online]. Available: https://iafor.org/journal/iafor-journal-of-education/volume-6-issue-3/article-3/.

J. H. L. Koh, C. S. Chai, and C. C. Tsai, “Examining practicing teachers’ perceptions of technological pedagogical content knowledge (TPACK) pathways: A structural equation modeling approach,” Instr. Sci., vol. 41, no. 4, pp. 793–809, 2013, [Online]. Available: https://link.springer.com/article/10.1007/s11251-012-9249-y.

M. Lally and S. Valentine-French, Lifespan Development: A Psychological Perspective. San Francisco: Creative Commons, 2019.

A. Simanullang, T. G. Larasati, and W. Cendana, “Aplikasi edukey sebagai sarana bimbingan belajar daring untuk siswa berkebutuhan khusus,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 33–41, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/483.

N. Ogardo-zara, “Technology in language education course: operationalizing TPCK in preservice language teacher education,” J. Teach. Educ., vol. 15, no. 2, pp. 136–162, 2021, [Online]. Available: https://po.pnuresearchportal.org/ejournal/index.php/normallights/article/view/1859.

A. N. Fadlilah, D. T. Setiyoko, and B. A. Pranoto, “Makna pembelajaran daring selama pandemi covid-19 bagi peserta didik yang tidak memiliki smartphone,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 51–59, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/497.

L. Adulyasas, V. Saelee, and N. Yahrah, “Enhancing mathematics achievement on solving linear equation for grade 7 students through technology integration under TPCK and SAMR model,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1835, no. 1, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1835/1/012010/meta.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Hapkh Watulingas, K., Cendana, W., & Kartika Araini, T. (2022). Peran Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 133–140. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.610

Issue

Section

Articles