Aplikasi Edukey sebagai Sarana Bimbingan Belajar Daring untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Argorby Simanullang Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan
  • Tabitha Grace Larasati Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan
  • Wiputra Cendana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.483

Keywords:

aplikasi, edukey,, pengguna,, respon,, siswa berkebutuhan khusus

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di masa pandemi COVID-19 ini berdampak besar kepada pemahaman siswa di dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLB maupun sekolah inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan aplikasi EDUKEY sebagai sarana bimbingan belajar daring untuk anak berkebutuhan khusus. Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada respon pengguna aplikasi dan diolah lagi di dalam metode WSLC atau The Work System Life Cycle Model. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi EDUKEY membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring karena merasa dimudahkan dengan fitur-fitur yang ada. Selain itu, umpan balik yang diberikan pengguna terhadap aplikasi EDUKEY kebanyakan positif dan sesuai dengan tujuan peneliti membuat aplikasi ini. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya aplikasi EDUKEY lebih dikembangkan lagi untuk melayani pengguna dengan keterbatasan lainnya, tidak hanya slow learner, tunalaras, dan kesulitan belajar. Maka dari itu, aplikasi EDUKEY sangat penting untuk dikembangkan agar semakin banyak orang merasakan manfaatnya.

References

M. R. Yerusalem, A. F. Rochim, and K. T. Martono, “Desain dan implementasi sistem pembelajaran jarak jauh di program studi sistem komputer,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 4, p. 481, 2015, [Online]. Available: https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/12668.

K. Hernawati, “E-learning untuk siswa berkebutuhan khusus,” Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. FMIPA UNY, pp. 138–149, 2011.

N. Khabibah, “Penanganan instruksional bagi anak lambat belajar (slow learner),” Didaktita, vol. 19, no. 2, pp. 26–32, 2013.

A. Setiawan, “Mengembangkan motivasi belajar pada anak tunalaras,” Jassi, vol. 8, no. 1, pp. 54–60, 2009.

I. Handayani, Q. Aini, and Y. Oktavyanti, “Penggunaan RinfoCal sebagai aplikasi pengingat (reminder) kegiatan akademik pada perguruan tinggi,” CCIT Journal, vol. 9, no. 1, pp. 13–26, 2015.

R. M. Erawati, I. L.; Sudjarwo; Sinaga, “Pendidikan karakter bangsa pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif,” Jurnal Studi Sosial, vol. 4, no. 1, pp. 20–29, 2016.

A. D. Anjarsari, “Penyelenggaraan pendidikan inklusi pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo,” JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), vol. 1, no. 2, pp. 91–104, 2015, doi: 10.26740/inklusi.v1n2.p91-104.

F. Fembriani, T. R. Koroh, P. Pasmiyati, and R. Polin, “Efektifitas edmodo terhadap hasil Belajar mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 1, pp. 8–14, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/243.

K. A. Akhmad, “Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta),” DutaCom Journal, vol. 9, no. 1, pp. 43–54, 2015.

S. Alter, “Sociotechnical systems through a work system lens: A possible path for reconciling system conceptualizations, business realities, and humanist values in IS Development,” CEUR Workshop Proceedings, vol. 1374, pp. 32–39, 2015.

T. Sagirani, N. Wahyuningtyas, S. H. E. Wulandari, and W. W. Efendi, “Prototipe aplikasi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dengan menerapkan pendekatan gamification,” Jurnal Teknik, vol. 18, no. 2, pp. 101–111, 2020, [Online]. Available: https://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/77.

L. Maftuhatin, “Evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK) di kelas inklusif di SD Plus Darul ’Ulum Jombang,” Religi: Jurnal Studi Islam, vol. 5, no. 2, pp. 201–227, 2014.

S. Gideon, “Peran media bimbingan belajar online Ruangguru dalam pembelajaran IPA bagi siswa SMP dan SMA masa kini: Sebuah pengantar,” Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 11, no. 2, p. 167, Aug. 2018, [Online]. Available: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/813.

A. Ramadhayanti, “Analisis strategi belajar dengan metode bimbel online terhadap kemampuan pemahaman kosa kata bahasa Inggris dan pronunciation (pengucapan/pelafalan) berbahasa remaja saat ini,” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, vol. 2, no. 1, pp. 39–52, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2580.

P. Kepri, “Pemerintah terus dukung perkembangan SLB,” ProPinang, 2020.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Simanullang, A. ., Larasati, T. G. ., & Cendana, W. (2021). Aplikasi Edukey sebagai Sarana Bimbingan Belajar Daring untuk Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 33–41. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.483

Issue

Section

Articles