Pengaruh Kedisiplinan Saat Pembelajaran Home Visit Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.655Keywords:
Kedisiplinan, Home Visit, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana disiplin mempengaruhi kemajuan belajar siswa di SD Negeri Padas 04 selama pembelajaran kunjungan rumah. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian ex post facto dan mengambil pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mencakup seluruh 78 siswa SD Negeri Padas 04, sebanyak 78 siswa. Dengan tingkat kesalahan 5%, Teknik Sampel Acak dengan iSaac dan Tabel Michael digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan kuesioner dan studi dokumentasi. Sebagai alat penelitian digunakan skala Likert. Hasil pengolahan data diperoleh nilai sig sebesar 0,000 > 0,05 yang menunjukkan bahwa disiplin berpengaruh cukup besar terhadap prestasi belajar.
References
S. Yuliantika, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja tahun pelajaran 2016/2017,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 9, no. 1, pp. 35–44, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/19987.
A. Rivai, “Pengaruh pengawasan, disiplin dan motivasi terhadap kinerja guru,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 11–22, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6715.
S. Sulardi, “Pengaruh manajemen berbasis sekolah dan iklim organisasi sekolah terhadap profesionalitas guru SMP/MTS Muhammadiyah di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat,” J. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 64–74, 2017, [Online]. Available: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/129.
S. Fatimah, R. U. Nurbaeti, and B. A. Pranoto, “Hubungan antara disiplin dan motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas III,” J. Ilm. Kontekst., vol. 01, no. 1, pp. 63–69, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/60.
I. Lukinah, “The effect of home visit on the learning outcomes of class 3 students in SD IQ Al-Islam,” ETUDE J. Educ. Res., vol. 1, no. 4, pp. 128–134, 2021, [Online]. Available: https://www.alejournal.com/index.php/etude/article/view/43.
J. Jamaah, “Peran guru dalam pembelajaran home visit di masa pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar,” J. Inovasi, Eval. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2021, [Online]. Available: https://www.alejournal.com/index.php/etude/article/view/43.
M. Nurdin, S. R. Ningsih, and A. K, “Hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaattang Barat Kabupaten Bone,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 206–217, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/jppsd/article/view/24461.
R. A. Saputra, A. Hariyadi, and S. Sarjono, “Pengaruh konsep diri dan reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan,” J. Educ. FKIP …, vol. 7, no. 3, pp. 1046–1053, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1337.
K. D. Dwita, A. I. Anggraeni, and H. Haryadi, “Pengaruh home visit dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto,” J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., vol. 20, no. 01, pp. 1–15, 2018, [Online]. Available: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/1030.
R. Matussolikhah and B. Rosy, “Pengaruh disiplin belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19,” Prima Magistra J. Ilmia, vol. 2, no. 2, pp. 225–236, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/1030.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.