Kesesuaian Materi Dan Evaluasi dengan Kompetensi Dasar pada Buku Teks Sekolah Dasar

Authors

  • Millatus Sholikhah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Atikah Mumpuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Diah Sunarsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.658

Keywords:

analisis materi, evaluasi, buku teks

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesesuaian materi dan evaluasi ranah kognitif dengan kompetensi dasar dalam buku yang digunakan peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesesuaian materi dan evaluasi pada buku teks terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kelas V semester 1 tema 1(Organ Gerak Hewan dan Manusia) yaitu materi dan evaluasi sudah sesuai dengan kompetensi dasar ranah kognitif (KI-3), namun terdapat isi materi yang tidak memuat semua materi pokok, dan terdapat kesalahan atau ketidaktepatan dalam penulisan istilah. (2) Kesesuaian materi dan evaluasi pada buku teks penerbit Zamrud kelas V semester 1 tema 1(Organ Gerak Hewan dan Manusia) yaitu materi pada buku teks penerbit Zamrud sesuai dengan kompetensi dasar ranah kognitif (KI-3), namun terdapat isi materi yang terkadang tidak memuat semua materi pokok, terdapat kesalahan atau ketidaktepatan konsep dan definisi materi/bacaan. Evaluasi buku teks penerbit Zamrud kurang sesuai dengan kompetensi dasar ranah kognitif (KI-3). Terdapat soal uraian yang tidak sesuai dengan kompetensi dasar KI-3, serta terdapat beberapa soal yang muatan/isi materi sesuai dengan tingkatan/jenjang kelas.

References

M. Shobirin, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Depublish, 2016.

Z. Zulkifli and N. Royes, “Profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa Arab di MIN 1 Palembang,” JIP J. Ilm. PGMI, vol. 3, no. 2, pp. 120–133, 2018, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1641.

R. U. Octavia, B. Yulianto, and W. Sukartiningsih, “Pengembangan buku teks kelas V sekolah dasar berbasis tematik dengan model multiple games,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 2, no. 2, pp. 184–194, 2016, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1641.

S. Supriyadi, “Kualitas buku teks bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah menengah pertama,” J. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 39–55, 2018, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/10122/pdf.

R. Sudarmansyah, D. Haerudin, and V. Novianita, “Analisis kesesuaian materi dengan kompetensi pada buku ajar bahasa sunda ‘panganteur basa sunda pikeun murid SD/MI kelas VI,’” J. Taman Cendekia, vol. 5, no. 1, pp. 528–539, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/9274.

S. Sahriani, S. Subaer, and A. Azis, “Analisis kesesuaian kompetensi dasar dengan pembelajaran berbasis masalah,” J. Sains dan Pendidik. Fis., vol. 15, no. 2, pp. 10–17, 2019, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/11031.

M. Aliyansyah, H. H. Saputra, and H. Setiawan, “Analisis kelayakan isi buku teks siswa kurikulum 2013 kelas III SD/MI tema menyayangi tumbuhan dan hewan,” Renjana Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 3, pp. 183–188, 2021, [Online]. Available: http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/119.

A. Septiani and V. A. S. M, “Kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi dasar pada buku tematik tema 3 kelas IV sekolah dasar edisi revisi 2017,” J. Inov. Sekol. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 40–47, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/14365.

A. Mumpuni and M. S. Masruri, “Muatan nilai-nilai karakter pada buku teks kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas II,” J. Pendidik. Karakter, vol. 7, no. 1, pp. 17–28, 2016, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/10728.

A. L. Safrina, S. Yustiana, and M. Afandi, “Pengembangan bank soal berbentuk kartu berorientasi hots di SD,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 02, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/391.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Sholikhah, M., Mumpuni, A., & Sunarsih, D. (2022). Kesesuaian Materi Dan Evaluasi dengan Kompetensi Dasar pada Buku Teks Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 107–115. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.658

Issue

Section

Articles