Pengembangan Bank Soal Berbentuk Kartu Berorientasi Hots di SD

Authors

  • Alifia Laily Safrina Universitas Islam Sultan Agung
  • Sari Yustiana Universitas Islam Sultan Agung
  • Muhamad Afandi Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.391

Keywords:

bank soal, kartu soal, HOTS

Abstract

Evaluasi sangat penting karena untuk memperoleh penilaian pada aktivitas peserta didik. Penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk bank soal berbentuk kartu berorientasi HOTS. Produk bank soal berbentuk kartu dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru terhadap sumber referensi lain dalam pembelajaran dan merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan produk bank soal berbentuk kartu menggunakan prosedur pengembangan menurut Puspendik yang berisi delapan tahapan. Hasil validasi dari 47 butir soal pada bank soal diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Hasil validasi dari 3 ahli diperoleh rata-rata skor 0,83 dengan kriterian “Sangat Valid”. (2) Hasil validasi produk diperoleh rata-rata 0,81 dengan kriteria “Sangat Valid”. (3) Hasil 47 butir soal uraian yang divalidasi diperoleh rata-rata 0,81 dengan kriteria “Sangat Valid”. (4) Hasil angket respons guru diperoleh rata-rata 1,00 dengan kriteria “Sangat Valid”, sedangkan hasil angket respons peserta didik memperoleh skor 5 pada setiap peserta didik. (5) Hasil validitas soal memperoleh rata-rata 0,44 dengan kriteria “Cukup”. (6) Hasil reliabilitas memperoleh skor 0,579 dengan kriteria “Cukup”. (7) Hasil tingkat kesukaran diperoleh skor 0,49 dengan kriteria “Sedang”. (8) hasil daya pembeda diperoleh skor 0,61 dengan kriteria “Baik”.

References

T. Hartini, M. A. Misri, and I. Nursuprianah, “Pemetaan Hots Siswa Berdasarkan Standar Pisa dan Timss untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Eduma, vol. 5, no. 2, pp. 83–92, 2016, [Online]. Available: https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/2795.

S. Yustiana, “Instrumen Penilaian Otentik Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku Siswa Sekolah Dasar,” Assessment and Research on Education, vol. 1, no. 1, pp. 32–45, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.ressi.id/index.php/arisen/article/view/23.

S. Mardikarini and L. C. K. Putri, “Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 30–37, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/246.

S. Mardikarini and F. Hamdani, “Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Tapak,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 01, no. 1, pp. 70–76, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/61.

R. P. Wibawa and D. R. Agustina, “Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia,” Equilibrum, vol. 7, no. 2, pp. 137–141, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/346113868_Peran_Pendidikan_Berbasis_Higher_Order_Thinking_Skills_Hots_Pada_Tingkat_Sekolah_Menengah_Pertama_di_Era_Society_50_Sebagai_Penentu_Kemajuan_Bangsa_Indonesia.

A. Mumpuni and A. Supriyanto, “Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bagi Siswa,” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, vol. 29, no. 1, pp. 88–101, 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/12645.

F. Fembriani, T. R. Koroh, P. Pasmiyati, and R. Polin, “Efektifitas Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 8–14, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/243.

A. Agussalim, D. Darwis, N. Noer, and N. Najib, “Development of Translating Software Makassar Language into the Indonesian Language Grammar- Based,” International Journal of Science and Research, vol. 7, no. 6, pp. 748–757, 2015, [Online]. Available: https://www.ijsr.net/archive/v7i6/ART20183242.pdf.

B. Kartowinangun, “Penulisan Butir Soal,” Yogyakarta, 2012.

M. Afandi, Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press, 2013.

N. Hayati and D. Mardapi, “Pengembangan Butir Soal Matematika SD di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya dalam Pengadaan Bank Soal,” Jurnal Kependidikan, vol. 44, no. 1, pp. 26–38, 2014, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2189.

S. Ajrini, T. A. Kurniawan, and D. S. Rusdianto, “Pembangunan Sistem Pengelolaan Bank Soal Ujian Pilihan Ganda Secara Online,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 9, pp. 980–988, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/296.

F. Kempirmase, C. S. Ayal, and D. A. Ngilawajan, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas Xi Sma Negeri 10 Ambon,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, vol. 1, no. Vol 1 (2019): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, pp. 21–24, 2019, [Online]. Available: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1610.

A. Mumpuni and R. U. Nurbaeti, “Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 4, no. 1, pp. 114–124, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/35229.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Laily Safrina, A. ., Yustiana, S., & Afandi, M. . (2021). Pengembangan Bank Soal Berbentuk Kartu Berorientasi Hots di SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 1–8. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.391

Issue

Section

Articles