Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas IV

Authors

  • Emi Yulifa Universitas Islam Sultan Agung
  • Sari Yustiana Universitas Islam Sultan Agung
  • Nuridin Nurdin Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.671

Keywords:

Problem posing, hasil belajar kognitif, matematika

Abstract

Hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV cenderung rendah dikarenakan pembelajaran berpusat pada guru karena menerapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik dengan model pembelajaran problem posing dapat memenuhi KKM atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre experimental Design dengan One Group Pretest Posttest. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang menunjukkan bahwa Lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. = 0,000 < α = 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kognitif yang signifikan menggunakan model pembelajaran problem posing. Sementara itu penelitian ini juga menggunakan uji One Sample T Test yang menunjukkan bahwa t_hitung = 4,774 > t_tabel = 2,093 atau sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV minimal 69 (μ_o ≥ 69).

References

Bhardwaj, A., “Importance of Education in Human Life: a Holistic Approach,” Int. J. Sci. Conscious., vol. 2, no. 2, pp. 23–28, 2016, [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/428000042/importance-of-education-in-human-life-pdf

Orcos L, Hernandez-Carrera RM, Espirages MJ, “The Kumon Method: Its Importance in the Improvement on the Teaching and Learning of Mathematics from the First Levels of Early Childhood and Primary Education,” Mathematics, vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, [Online]. Available: https://www.mdpi.com/2227-7390/7/1/109

Aledya, V., “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa,” p. 2, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/333293321

Simbolon, H., Sofiyan, Ramadhani, D., “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa,” J. Basic Educ. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 100–111, 2019. [Online]. Available: https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1594

Fitriyani, Pranoto, B., A. dan Nurbaeti R., U., “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V,” Kontekstual, vol. 1, no. 2, pp. 29–35, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/159.

Juano, A., dan Pardjono, “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD,” J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 1, pp. 46–53, 2016, [Online]. Availabel: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7801

Ariani, Y., Helsa, Y. Ahmad, S., Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Deepublish, 2020.

Guntara, I., Murda, I., dan Rati, N., “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri Kalibukbuk,” Mimbar PGSD, vol. 2, no. 1, 2014, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1950

Parindra, Santosa, dan Wlliam, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik,” J. Ris. dan Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 91–99, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/94

Kholifah, Keefektifan Model Problem Posing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pecahan Siwa Kelas IV SD Negeri 01 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2016, Semarang.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Yulifa, E., Yustiana, S., & Nurdin, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas IV. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 21–27. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.671

Issue

Section

Articles