Analisis Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Kokom Komariah SDIT Al-Istiqomah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.890

Keywords:

pembelajaran online, pandemi, sekolah dasar

Abstract

Kondisi pandemi covid-19 memaksa dunia pendidikan harus melakukan inovasi dan tetap melaksanakan proses pembelajaran, diantaranya yaitu dengan melaksanakan Pembelajaran Daring (online). Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis penerapan pembelajaran online di SDIT AL-Istiqomah Kuningan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian yaitu guru kelas, kepala sekolah, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran daring di SDIT Al-Istiqomah telah sesuai dengan peraturan  pemerintah bahwa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online menggunakan media internet yang bisa diakses di handphone, laptop dengan media komunikasi group WA. Kendala pelaksanaan pembelajaran daring diantaranya kuota internet yang terbatas, lemahnya jaringan internet, tidak semua peserta didik memiliki dan diperbolehkan menggunakan hp android. Solusi yang dilakukan adalah guru membuat video pembelajaran yang menarik,  menggunakan model pembelajaran yang beragam, memberikan bahan bacaan pendamping penugasan, melakukan pembelajaran tatap maya dan membangun komunikasi baik dengan orang tua siswa.

References

F. Firman and S. R. Rahman, “Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020, [Online]. Available: https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659.

R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa pemafaatan teknologi informasi dalam pemeblajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19,” JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh), vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

L. D. Herliandry, N. Nurhasanah, M. E. Suban, and H. Kuswanto, “Pembelajaran pada masa pandemi covid 19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, p. 62, 2020, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15286.

A. Purwanto, M. Asbari, R. Pramono, and P. B. Santoso, “Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

A. N. Fadlilah, D. T. Setiyoko, and B. A. Pranoto, “Makna pembelajaran daring selama pandemi covid-19 bagi peserta didik yang tidak memiliki smartphone,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 51–59, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/497.

A. S. Lestari and S. R. Hamka, “Analisis pieces dalam implementasi kebijakan,” J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 103–125, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/manageria/article/view/2372.

U. Khulsum, Y. Hudiyono, and E. D. Sulistyowati, “Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA,” DIGLOSIA J. Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2018, [Online]. Available: https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/4.

M. Arsanti, “Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi pbsi, fkip, unissula,” KREDO J. Ilm. Bhs. dan Sastra, vol. 1, no. 2, pp. 71–90, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2107.

D. A. S. Asih, “Lingkungann alam sekitar terhadap proses sains,” J. Form., vol. 7, no. 1, pp. 13–21, 2017, [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1331.

M. Handayani and Y. D. Pradana, “Persepsi dan kendala guru SD mengenai sistem BDR (belajar dari dumah),” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 15–25, 2021, doi: 10.46772/kontekstual.v3i01.478.

L. G. M. Zainuddin Atsani, “Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19,” Al-Hikmah J. Stud. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82–93, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905.

D. Dwitalia Sari, “Permasalahan guru sekolah dasar selama pembelajaran daring,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 02, pp. 27–35, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/394.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Sutisna, A., & Komariah, K. (2023). Analisis Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 60–66. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.890

Issue

Section

Articles