KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DALAM LOMBA MENULIS ESAI FSBB UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2022

Authors

  • Sri Maryani Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.1000

Keywords:

keterampilan, berpikir kritis, menulis, esai

Abstract

Esai merupakan jenis tulisan yang sering digunakan sebagai alat tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta dalam menulis esai Festival Sastra Bulan Bahasa yang diadakan Diksasindo Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya tahun 2022. Data diambil menggunakan teknik dokumentasi. Esai peserta lomba dianalisis menggunakan rubrik penilaian berpikir kritis (Illinois Critical Thinking Essay Test). Rubrik ini terdiri dari 6 komponen penilaian yaitu focus, supporting reason, reasoning, organization, convention, dan Integration. Dari total 47 peserta lomba menulis esai FSBB Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya tahun 2022, komponen berpikir kritis muncul dengan rincian sebagai berikut. 6 orang (12,77 %)  menampilkan komponen focus, 7 orang (10%) menampilkan  komponen supporting reasons, 3 orang (6,38%) menampilkan komponen reasoning, 5 orang (12,77%) menampilkan komponen organization, 16 orang (34,04%) menampilkan komponen conventions, dan 5 orang (12,77%) menampilkan komponen integration. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta lomba esai FSBB belum mampu memunculkan keterampilan berpikir kritis secara optimal dalam tulisan. Peserta masih perlu berlatih menguasai topik, mencari dan membaca banyak referensi. Selain itu, peserta juga perlu berlatih menulis dengan runtut dan logis. Hal tersebut diharapkan dapat mengasah keterampilan berpikir kritis peserta sehingga dapat menghasilkan esai yang argumentatif dan memberikaan informasi pada pembaca.

 

 

References

Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Chicago: University of Illinois.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.

Sakaria, Sakaria, & Nojeng, Asis (2018). Bahan Ajar Menulis Opini dan Esai dengan Pembelajaran Berbasis Proyek. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 68, ISSN 2301-4768, Universitas Negeri Makassar, https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4965

Connor, U. 1996. Contrastive Rhetoric: Cross-Cultural Aspects of Second Language Writing. Cambridge: Cambridge University Press.

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hidayati, P. P. (2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Aulia, V., & Kuzairi, K. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta dalam Menulis Esai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 350-359.

Khuzaemah, Emah, & Herawati, Lilik (2017). Pembelajaran Menulis Esai Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Berbasis Life Skills. Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 148, ISSN 2502-2261, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, <https://doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1360>

Utami, Tresiana Sari Diah, Triwidayati, Katarina Retno, & Priyanti, Maria Angelina (2020). Kemampuan Menspesifikasi Topik Sebagai Bentuk Perwujudan Keterampilan Menulis Esai. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(2), 75, ISSN 2549-9114, Universitas Negeri Makassar, https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13126

Helaluddin, H. (2017). Analisis struktur esai peserta pada mata kuliah bahasa Indonesia di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 15-23.

Rahman, D. D. A., & Kosasih, E. (2019). Realitas Kecakapan Literasi Baca Tulis Siswa dalam Lomba Menulis Esai Tingkat SMP Festival Literasi Kemdikbud Ri 2019. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Oshima, A., & Hogue, A. (2006). Writing academic English. London: Pearson Longman.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250-262.

Maryani, S. (2016). Pengaruh Model Games Based Learning Berbasis Kecerdasan Majemuk terhadap Kemampuan Menulis Cerpen: Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa kelas VII SMPIT As-Syifa Boarding School Tahun Ajaran 2015/2016 (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia).

Zubaidah, S., Corebima, A., & Mistianah. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symbion: Symposium on Biology Education (hal. 200-213). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan.

Finken, M., & Ennis, R. H. (1993). Illinois Critical Thinking Essay Test and Guidelines for Scoring Illinois Critical Thinking Essay Test. Illinois: College of Education University of Illinois

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Sri Maryani. (2023). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DALAM LOMBA MENULIS ESAI FSBB UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2022. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(02), 15–23. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.1000

Issue

Section

Articles