Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,5 Tahun Tataran Fonologi - Morfologi dan Sintaksis

Authors

  • Nurchalistiani Budiana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v1i02.169

Keywords:

pemerolehan bahasa anak, fonologi, morfologi, sintaksis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak usia 2--2.5 tahun dari aspek fonologi, morfologi, dan sintaksis. Penelitian dilakukan di PAUD Khalifa-IMS Tegal pada bulan Juni 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari seorang anak yang bernama Cordelia selanjutnya disebut ia. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan, dan wawancara. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa ia telah menguasai pemerolehan bahasa baik dari tataran fonologi, morfologi dan sintaksis.. Munculnya berbagai variasi dalam pemerolehan fonologi sebagian besar disebabkan oleh belum sempurnanya alat ucap ia. Penelitian masih terbuka untuk penelitian pemerolehan fonologi, morfologi dan sintaksis lebih lanjut karena pemerolehan bahasa ia belum mencapai puncak. Namun, dapat juga meneliti pemerolehan bahasa pada aspek bahasa lainnya

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Budiana, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,5 Tahun Tataran Fonologi - Morfologi dan Sintaksis. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(02), 35–41. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i02.169

Issue

Section

Articles