Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang

Authors

  • Helmi Muzaki Program Studi Sastra, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379

Keywords:

Bahan Ajar, BIPA, Budaya

Abstract

Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) mempunyai misi yang sangat penting yaitu memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional serta meningkatkan mutu pengajaran BIPA. Untuk mewujudkan misi tersebut diperlukan berbagai upaya, salah satunya ketersedian bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan bermuatan budaya.  Namun, berdasarkan observasi yang dilakukan penulis, penulis menemukan beberapa fakta yaitu masih kurangnya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kurangnya bahan ajar yang membahas budaya lokal Malang khususnya untuk bahan ajar BIPA tingkat 3.  Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan bahan ajar BIPA tingkat 3 berbasis budaya lokal Malang dengan acuan SKL BIPA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan modifikasi tahapan sesuai kebutuhan penelitian dan pengembangan bahan ajar. Penulis melakukan penyesuaian dengan membatasi penelitian sampai pada tujuh tahap. Bahan ajar yang dikembangkan terintegrasi dengan empat keterampilan berbahasa yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam setiap unit bahan ajar, terdapat materi budaya lokal Malang baik secara eksplisit maupun implisit

 

 

Author Biography

Helmi Muzaki, Program Studi Sastra, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia

 

 

References

REFERENCES

I. Suyitno, G. Susanto, M. Kamal, and A. Fawzi, “Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesian Language,” IAFOR J. Lang. Learn., vol. 3, no. 2, pp. 175–190, 2018, doi: 10.22492/ijll.3.2.08.

R. K. Ningrum, H. J. Waluyo, and R. Winarni, “BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di indonesia,” 1st Educ. Lang. Int. Conf. Proc., pp. 726–732, 2017.

M. Yahya, A. Andayani, and K. Saddhono, “Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kesalahan Diksi Dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik,” KREDO J. Ilm. Bhs. dan Sastra, vol. 2, no. 1, 2018, doi: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2121.

W. Wiratsih, “Analisis Kesulitan Pelafalan Konsonan Bahasa Indonesia (Studi Kasus terhadap Pemelajar BIPA Asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta),” KREDO J. Ilm. Bhs. dan Sastra, vol. 2, no. 2, pp. 242–255, 2019, doi: 10.24176/kredo.v2i2.3061.

Y. Yolanda, “Memperkenalkan Budaya Indonesia Melalui Pemanfaatan Pantun Sebagai Materi Pengajaran BIPA,” Kongr. Bhs. Indones., 2018.

I. Indrianti, “Developing student-centered grammar materials for beginners’ level Indonesian,” Electron. J. Foreign Lang. Teach., vol. 9, no. SUPPL.1, pp. 380–401, 2012.

E. E. Prasetiyo, “Pengembangan Bahan Ajar Bipa Bermuatan Budaya Jawa Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula,” Ling. J. Bhs. dan sastra, vol. 2, no. 2, 2015.

L. Nurlina, A. Andayani, R. Winarni, and S. Y. Slamet, “Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Bermuatan Budaya Lokal Jawa Tengah untuk Pembelajaran BIPA,” 1st Int. Conf. Lang. Lit. Teach., pp. 734–738, 2017.

S. Sumarti, I. Suniarti, and E. S. Agustina, “Lintas BUdaya (Interkultural) Dalam Pembelajaran Berbicara Bagi Peserta BIPA Darmasiswa Di Universitas Lampung,” Konf. Int. Pengajaran Bhs. Indones. bagi Penutur Asing XI, pp. 357–370, 2019.

F. Pangesti and A. B. Wiranto, “Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual komunikatif,” J. Pendidik. Bhs., vol. 7, no. 2, p. 342, 2018, doi: 10.31571/bahasa.v7i2.1015.

M. Arsanti, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula,” KREDO J. Ilm. Bhs. dan Sastra, vol. 1, no. 2, pp. 71–90, 2018, doi: 10.24176/kredo.v1i2.2107.

M. D. Gall, J. P. Gall, and W. R. Borg, “Educational Research: An Introduction, 8th Edition,” Educ. An Introd., 2006.

Y. A. Sriwulandari and A. A. Ramadhani, “Pengembangan Bahan Ajar BIPA Darmasiswa IKIP Budi Utomo Malang,” J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 90–93, 2018.

A. A. Ramadhani, “Analisis Kebutuhan Belajar Untuk Menyusun Perangkat Pembelajaran Bipa Tingkat Pemula Yang Berorientasi American Council for Teaching Foreign Language (ACTFL),” Paradig. J. Filsafat, Sains, Teknol. dan Sos. Budaya, vol. 23, no. 2, pp. 19–28, 2017, doi: 10.33503/paradigma.v23i2.326.

D. Hartono, “Wisata Kuliner Nusantara: Diplomasi Budaya Melalui Standarisasi Materi Ajar BIPA Di Era Milineal,” Konf. Int. Pengajaran Bhs. Indones. bagi Penutur Asing XI, pp. 162–176, 2019.

A. Kusmiatun, “Topik Pilihan Mahasiswa Tiongkok Dalam Pembelajaran BIPA Program Transfer Kredit Di UNY,” J. Penelit. Bhs. Sastra dan Pengajarannya, vol. 15, no. 1, 2016.

F. Junaidi, R. Andhira, and E. Mustopa, “Implementasi pembelajaran BIPA berbasis budaya sebagai strategi menghadapi MEA,” 1st Educ. Lang. Int. Conf. Proc. Cent. Int. Lang. Dev. Unissula, pp. 317–324, 2017.

R. Rahim and S. Syamsuri, “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Bagi Darmasiswa Di UNISMUH Makasar,” Simp. Int. Pengajaran BIPA, pp. 1–910, 2017, [Online]. Available: https://bipa.kemdikbud.go.id/filebakti/403Kumpulan_Esai_SIPBIPA_2017.pdf.

N. N. I. Sariningsih, I. N. A. J. Putra, and N. K. Wedhanti, “An Anlysisi of Culture Shock of BIPA Students In UPT Bahasa,” J. Pendidik. Bhs. Ingg. UNDIKSHA, vol. 5, no. 2, 2017, doi: 10.23887/jpbi.v5i2.13325.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Muzaki, H. . (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379

Issue

Section

Articles