Variasi Bahasa SPG (Sales Promotion Girl) Di Ramayana Ciputat

Authors

  • Ghina Rizki Bhakti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Maya Novalia Pulungan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.386

Keywords:

sosiolinguistik, komunikasi, variasi bahasa, SPG (Sales Promotion Girl)

Abstract

Setiap bahasa mempunyai ketetapan atau kesamaan dalam hal tata bunyi, bentuk, kata, kalimat, dan makna. Akan tetapi, karena berbagai faktor yang terdapat di dalam masyarakat seperti usia, pendidikan, agama, bidang kegiatan, dan profesi, serta latar belakang budaya daerah, maka bahasa menjadi tidak seragam. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan sesamanya. Tentu saja manusia memerlukan bahasa sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan keinginannya agar dapat melangsungkan hubungan dengan komunitasnya. Dalam kajian bahasa, persoalan variasi bahasa dibahas dalam bidang sosiolinguistik. Pada dasarnya, variasi bahasa merupakan wujud pendukung dari proses komunikasi. Variasi bahasa merupakan cerminan ketidakseragamannya suatu masyarakat yang disebabkan oleh lingkungan pemakai bahasa. Penelitian ini akan membahas tentang variasi bahasa SPG (Sales Promotion Girl) ditinjau dari segi pemakaian atau biasa disebut dengan fungsiolek, ragam, atau register. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk medeskripsikan variasi bahasa SPG (Sales Promotion Girl) ditinjau dari segi pemakaian bahasa tersebut.

 

 

Author Biographies

Ghina Rizki Bhakti, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

 

 

Maya Novalia Pulungan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

 

 

References

A. HP and Alex Abdullah, Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga, 2013.

R. R. Yono, “PENDAYAGUNAAN KONTEKS DALAM TINDAK TUTUR ANAK USIA 7 TAHUN DI MADRASAH DINIYAH TA’LIMUL HUDA DESA RANDUSANGA WETAN,” SEMANTIKA, vol. 1, no. 1, pp. 20–30, 2019.

T. Khoirurrohman and M. Rohmad Abdan, “Analisis Pemakaian Variasi Bahasa Slang Pada Remaja Desa Kalinusu: Kajian Sosiolingustik,” J. Ilm. Semant., vol. 1, no. 02, 2020.

P. J. Sari, “Sosiolinguistik Sebagai Landasan Dasar Pendidikan Di Sekolah Dasar,” in Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 2015, pp. 200–207.

Waridah, “Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya,” Simbolika, vol. 1, no. 1, pp. 84–92, 2015, doi: https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i1.

S. Anwar and R. Pertiwi, “Campur Kode,” J. Penelit. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2017, doi: Prefix: 10.47403/jppi.

F. Munte, Y. Morelent, and Dainur Putri, “PENULISAN KESALAHAN KATA PADA MEDIA MASSA KORAN SINGGALANG EDISI BULAN MEI 2014,” Padang, 2014.

D. R. Setiawati, “Variasi Bahasa Dalam Situasi Tidak Formal Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Di Universitas Tadulako,” J. Bhs. dan Sastra, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2019, doi: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12245.

W. Asriyani, “Tuturan Direktif SPG Make Up di Supermarket Kota Tegal,” Universitas Negeri Semarang, 2015.

achmad zulakbar, “VARIASI BAHASA DALAM KOMUNIKASI KOMUNITAS DANZ BASE MAKASSAR: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK,” UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR, 2018.

Reza Rizki Pahlevi, “ANALISIS PERAN SALES PROMOTION GIRL (SPG) TERHADAP MEDIA PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMSET PERUSAHAAN (Studi Kasus PT Multi Media Seluler Kota Metro),” INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO, 2019.

P. Pamungkas, “Ramayana Lestari Sentosa adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia,” tribunnewswiki.com, Jakarta, Mar. 2020.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Rizki Bhakti, G., & Novalia Pulungan, M. . (2021). Variasi Bahasa SPG (Sales Promotion Girl) Di Ramayana Ciputat. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.386

Issue

Section

Articles