PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM BUMI MANUSIA KARYA HANUNG BRAMANTYO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Winda Gunansi Universitas Pancasakti Tegal
  • Khusnul Khotimah Universitas Pancasakti Tegal
  • Wahyu Asriyani Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.464

Keywords:

pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa, , Film Bumi Manusia,

Abstract

Penelitian ini mengkaji pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam film Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat dalam dialog antar tokoh pada film Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo serta mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data diidentifikasi berdasarkan teori Leech. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dengan teknik lanjutan teknik catat. Berdasarkan penelitian, terdapat banyak tuturan yang melanggar prinsip kesantunan berbahasa, diantaranya melanggar maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim kemurahan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan, dan maksim kesimpatian. Penelitian ini diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI kurikulum 2013 dalam kompetensi dasar 3.19 dan 4.19 pada materi drama.

References

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nisa, Fithratun. 2016. “Pelanggaran Prinsip Kesantunan dalam Wacana Tutur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)”. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Online. 1, (1), 19-30. https://jurnal.stkippbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/321. (20 November 2020).

Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana: Prinsip-Prinsip Semantik dan Pragmatik. Bandung: Yrama Widya.

Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianton, Teguh. 2013. Film sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayat, Rahmat, dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori, dan Aplikasinya”. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Djajasudarma, Fatimah. 2006. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknis Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Gunansi, W., Khotimah, K. ., & Asriyani, W. . (2021). PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM BUMI MANUSIA KARYA HANUNG BRAMANTYO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 30–39. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.464

Issue

Section

Articles