PENGARUH METODE SUGESTI-IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA CARTOON STORY MAKER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN
DOI:
https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.477Keywords:
metode sugesti imajinasi,, media cartoon story maker,, menulis cerpen.Abstract
Penulisan Artikel ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya imajinasi siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia materi Cerita Pendek (Cerpen). Adapun tujuan peneltian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinasi berbantuan media cartoon story maker terhadap kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini dilaksanakan pada masa pandemik covid 19, sebuah pembelajaran yang dilakukan secara daring pada siswa kelas XI. Sampel pada penelitian yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sugesti imajinasi berbantuan media cartoon story maker. Hipotesis penelitian ini menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media cartoon story maker terhadap kemampuan menulis cerpen berpengaruh lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan metode sugesti imajinasi dan media cartoon story maker. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan menggunakan true experiment, yaitu sampel yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara acak. Teknik yang digunakan yakni Posttest Only Control Design. Data penelitian diperoleh dari tes menulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode sugesti imajinasi berbantuan media cartoon story maker dapat berpengaruh pada kemampuan menulis sebuah cerpen siswa kelas XI, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sugesti imajinasi berbantuan media cartoon story maker memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini terbukti nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,9 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 69,9.
Kata kunci: Metode Sugesti Imajinasi, Media Cartoon Story Maker, dan
Menulis Cerpen
References
Dalman, Keterampilan Menulis, 2016, Rajawali Pers, Depok.
A. Sumardi, “Pengaruh Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII-1 SMP Dharma Karya UT”, J. Penaliterasi, vol. 2, no. 1, pp. 1-7, 2019. Available: http:/jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi.
Mardiyah, “Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf,” J. Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 1-22, 2016. doi: 0.24042/terampil.v3i2.1188.
Septi Dwi Ernawati, Prasetyo Yuli Kurniawan, & Ubaedillah. (2019). Keefektifan Metode Time Token Arends Dan Mind Mapping Dalam Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 55-62. Dapat diunduh pada http://dev.umus.ac.id/index.php/semantika/article/view/82.
B.D Potter dan M. Hemachi, Quantum Learning, 2015, Kaifa, Bandung.
I. A. P. Udiyana, “Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Dengan Media Foto terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Ditinjau dari Minat Menulis Siswa Kelas VII,” J. Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 78-89, 2017. doi: 10.23887/jipp.v1i1.11964.
Daryanto, Media Pembelajaran, Gava Media, Yogyakarta.
Kuncahyono. “Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar”, J. Pemikiran dan Pengembangan SD, vol. 5, no. 2, pp. 773-780, 2017. doi: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.
Y. Tampi, “Implementasi Media Cartoon Story Maker dengan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Reading Comprehension Siswa Kelas IXA SMP 1 Tamiang Layang,” J. Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 123-135, 2014. Available: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/view/3796.
M. A. Riwanto dan M. P. Wulandari, “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi,” J. PANCAR, vol. 2, no. 1, pp. 15-18, 2018. Available: https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/195.
Aulianisa, N. T, “Menjelajahi aplikasi Cerita Kartun sebagai Media Instruksional dalam Menulis Teks Naratif di SMA.” J. JOEPALLT, vol. 7, no. 01, pp.1-14, 2019. Available: https://jurnal.unsur.ac.id/jeopallt/article/view/540.