PERBANDINGAN MEDIA POWTOON DAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA SMPN 85 JAKARTA

Authors

  • Alin Delona Umj
  • Ratna Dewi Kartikasari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.485

Keywords:

hasil belajar,, media powtoon,, media Mind Map.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran bahasa Indonesia khusunya pada materi teks eksplanasi masih menggunakan metode pembelajaran yang masih monoton yaitu menggunakan metode ceramah. Penulis tergerak untuk mengetahui hasil belajar Siswa pada materi teks eksplanasi dengan menggunakan metode yang baru yang lebih fresh dengan media powtoon dan media mind map. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar Siswa pada materi teks eksplanasi melalui media powtoon dan media mind map. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan penggunaan media mind map dan media powtoon. Hasil perbandingan antara thitung (13,611) lebih besar dari ttabel (1,6696) pada α= 0,05 yang artinya hasil pembelajaran siswa melalui pembelajaran powtoon lebih baik daripada hasil belajar menggunakan media pembelajaran mind map. Pada hal inilah dibuktikan nilai rata-rata nilai hasil belajar menggunakan media pembelajaran powtoon sebesar 92,00 lebih besar dari rata-rata nilai belajar menggunakan media pembelajaran mind map sebesar 89,06.

References

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan, H.G. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Priyatni, Endah Tri dan T. Harsiati. 2017. Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas XI. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawan, Prasetyo Yuli and Subyantoro Subyantoro. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Prosedur Kompleks yang Bermuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan. Jurnal Seloka. Diunduh pada DOI 10.15294/SELOKA.V5l1.12753.

Yulia, Desma, Ervinalisa, Novia. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIS Kelas X di SMA Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. Vol 2, No. 1, hal. 15-24. Diunduh pada https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/journalhistoria/article/download/1583/1149.

Buzan, Tony. 2014. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yohanes, Rizky Ardidavid, Mindhaudah. 2018. Penggunaan Media Video Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI Ngoro Tahun Pelajaran 2017/ 2018. SASTRANESIA, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6, No. 1, 22-36. Diunduh pada http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Delona, A., & Dewi Kartikasari, R. . (2021). PERBANDINGAN MEDIA POWTOON DAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA SMPN 85 JAKARTA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 21–29. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.485

Issue

Section

Articles