EFEKTIFITAS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FABEL PADA MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Salmia Syarifuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Irmawaty Hasyim Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.528

Keywords:

fabel, karakter, pendidikan karakter, pendidikan bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas fabel sebagai bahan ajar terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang terdapat fabel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah fabel. Data dalam penelitian ini dapat berupa frasa, baik itu frasa kata benda ataupun kata kerja, klausa serta kalimat yang ditemukan dalam fabel. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang banyak muncul dalam fabel, diantaranya; nilai religious, kejujuran, kreatif, bersahabat/ komunikatif, kerja keras, ingin tahu, dan toleransi. Selain itu, efektifitas penggunaan fabel sebagai media pembelajaran mahasiswa menunjukkan hasil yang signifikan dan berada pada skala 77%.

Author Biography

Irmawaty Hasyim, Universitas Muslim Indonesia

English Education Study Program

References

H. Yahya, “Stories for Thinking Children 1,” Istambul Khatoons Inc, 2003.

J. Danandjaja, “Folklor Indonesia - Google Books,” Depdikbud, 2002. https://www.google.co.id/books/edition/Folklor_Indonesia/GpRAngAACAAJ?hl=id (accessed Aug. 20, 2021).

S. Endraswara, “Folklor nusantara: hakikat, bentuk dan fungsi,” Folk. Nusant. hakikat, bentuk dan fungsi, pp. 1–298, 2013, [Online]. Available: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-suwardi-mhum/folklor-nusantaradamicetak.pdf.

S. (Siti) Anafiah, “Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Alternatif Bacaan Bagi Anak,” Trihayu J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 1, no. 2, pp. 128–133, 2015.

P. D. Zeece, “Bringing Books to Life: Literature-Based Storytelling,” Early Child. Educ. J., vol. 1, no. 25, pp. 39–43, 1997, doi: 10.1023/A:1025633914983.

M. Pulimeno, P. Piscitelli, and S. Colazzo, “Children’s literature to promote students’ global development and wellbeing,” Heal. Promot. Perspect., vol. 10, no. 1, p. 13, 2020, doi: 10.15171/HPP.2020.05.

M. Sekewael, F. Pentury, and W. Noija, “Designing Lesson Activities Through Maluku Folklore For Character Education,” Int. Conf. Educ. Lang., vol. 0, no. 0, p. 46, May 2016, Accessed: Aug. 21, 2021. [Online]. Available: http://artikel.ubl.ac.id/index.php/icel/article/view/499.

I. W. Agustina, I. M. Sutama, and I. W. Rasna, “Analysis of Character Educational Values in Folklore and the Relevance in the Formation of Student’s Character in Vocational High School,” J. Penelit. dan Pengemb. Sains dan Hum., vol. 3, no. 1, pp. 36–40, Apr. 2019, doi: 10.23887/JPPSH.V3I1.17362.

M. Abrar, “Learning from Fables: Moral Values Learning from Fables: Moral Values in Three Selected English Stories,” Din. Ilmu, vol. 16, no. 1, p. 47, 2016.

J. F. . Atmajaya, Buku Lengkap Bahasa Indonesia dan Peribahasa : SD, SMP, SMA. Pustaka Widyatama, 2010.

H. Gunawan, Pendidikan karakter : konsep dan implementasi. Alfabeta, 2012.

Y. Babuta, Y. Y. I. Babuta, and O. D. Wahyurini, “Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai untuk Anak Usia 3-5 Tahun,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 3, no. 1, pp. F28–F32, Mar. 2014, doi: 10.12962/j23373520.v3i1.6060.

A. Ghufron and A. Ghufron, “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 1, no. 3, May 2010, doi: 10.21831/cp.v1i3.230.

S. Yono, “Nilai Edukasi dalam Fabel Sentani (The Didactic Value in Sentani Fable) Sri,” Kandai, vol. 10, no. 1, pp. 102–115, 2014.

Y. A. Prasetyo, “Ilustrasi Buku Cerita Fabel Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak,” Arty J. Seni Rupa, vol. 3, no. 1, 2014, doi: 10.15294/ARTY.V3I1.4024.

L. Paakkari and O. Paakkari, “Health literacy as a learning outcome in schools,” Health Educ., vol. 112, no. 2, pp. 133–152, Feb. 2012, doi: 10.1108/09654281211203411.

S. Bahri and A. Wahdian, “Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Game Edukasi Icando di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 6, no. 2, pp. 23–41, Jan. 2021, doi: 10.29407/JPDN.V6I2.15078.

D. P. Arum, “Lelo Ledhung: Representasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tembang Jawa Pengantar Tidur untuk Anak,” PROCEEDING UMSURABAYA, vol. 0, no. 0, May 2020, Accessed: Aug. 20, 2021. [Online]. Available: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4822.

D. E. Mascita, “Internalisasi Nilai Karakter Melalui Bahan Ajar Teks Cerpen Beorientasi Pendidikan Karakter,” Ling. Rima J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 10, no. 2, pp. 51–62, Aug. 2021, doi: 10.31000/LGRM.V10I2.4742.

E. Suryanto, “Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak Untuk Penanaman Nilai Etis-Spiritual,” LITERA, vol. 12, no. 2, Jan. 2013, doi: 10.21831/LTR.V12I02.1581.

Kemendikbud, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa – Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, 2010.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). 2019.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Syarifuddin, S., & Hasyim, I. (2021). EFEKTIFITAS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FABEL PADA MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 51–60. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.528

Issue

Section

Articles