KESANTUNAN TUTURAN DALANG TEGALAN DALAM LIMBUKAN PADA PEMENTASAN WAYANG PURWA

Authors

  • Fauziah Fauziah PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.531

Keywords:

kesantunan,, dalang tegalan,, limbukan.

Abstract

Penelitian ini diberi judul “Kesantunan Tuturan Dalang Tegalan dalam Limbukan pada Pemenetasan Wayang Purwa”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:  (1) pelanggaran prinsip kesantunan tuturan dalang tegalan dalam limbukan pada pementasan wayang purwa, (2) pematuhan prinsip kesantunan tuturan yang digunakan dalang tegalan dalam limbukan pada pementasan wayang purwa, dan (3) strategi kesantunan yang digunakan dalam tuturan dalang tegalan dalam limbukan pada pementasan wayang purwa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak dan catat. Data dalam penelitian ini berupa tuturan  yang  diduga mematuhi dan melanggar kesantunan berbahasa beserta konteksnya, dan tuturan tersebut nantinya akan ditranskripsi ke dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pelanggaran prinsip kesantunan oleh Dalang Tegalan dalam limbukan pada pementasan wayang purwa antara lain pada bidal:  (1) ketimbangrasaan, (2) keperkenaan, dan (3) kerendahatian. Pematuhan prinsip kesantunan oleh Dalang Tegalan dalam limbukan pada pementasan wayang purwa antara lain pada bidal : (1) kemurahhatian, (2) keperkenaan, dan (3) kerendahhatian. Strategi kesantunan yang dilakukan Dalang Tegalan antara lain: (1) kurmat, (2) andhap asor, dan (3) empan papan.

References

Utami, I.G.A.L.P & Myartawan, I.P.N.W, “Pengaruh Usia dan Strategi Berbahasa: Pragmatik tentang Kesantunan Berbahasa pada Para Penutur Bahasa Indonesia”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penddikan, Vol 4, No. 3, 2010.

Alviah, I, “Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam”. Jurnal Seloka Unnes, Vol. 3, No. 2, pp. 128-135, 2014.

Kuntarto, E, “Kesantunan Berbahasa Ditinjau dari Perspektif Kecerdasan Majemuk”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 16, No. 2, pp. 1-16, 2016.

Eshghinejad, S.dan Moini, M.R, “Politeness Strategies Used in Text Messaging: Pragmatic Competence in an Asymmetrical Power Relation of Teacher–Student”. Sage Journal, January-March, pp. 1-13, 2016.

Cahyani, D.N, “Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar Kajian Sosiopragmatik”. 2016. Tesis. Unnes.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sudaryanto, 2015, Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Jogjakarta: Duta Wacana University Press.

Prayitno, H.J.P, 2014, Perwujudan Tindak Kesantunan Direktif Siswa SD Berlatar Belakang Budaya Jawa, dalam Prosiding Ketidaksantunan Berbahasa dan Dampaknya dalam Pembentukan Karakter, Surakarta :Balai Bahasa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahardi, Kunjana, 2005, Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Fauziah, F. (2021). KESANTUNAN TUTURAN DALANG TEGALAN DALAM LIMBUKAN PADA PEMENTASAN WAYANG PURWA . Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 67–76. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.531

Issue

Section

Articles